Ribuan napi di Jatim dapat remisi pada HUT Kemerdekaan RI ke-72

Kamis, 17 Agustus 2017 | 18:58 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Ribuan narapidana (napi) di lapas (lembaga pemasyarakatan) dan rutan (rumah tahanan) di Jawa Timur mendapatkan remisi atau pengurangan masa tahanan. Remisi diberikan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-72. Secara simbolis remisi ini diserahkan secara langsung oleh Wakil Gubernur Jatim, H Saifullah Yusuf.

"Dari 14.287 napi ada 11.821 napi di Jawa Timur yang dapat remisi. Sisanya masih dalam proses pengajuan, karena ada persyaratan yang belum lengkap. Selain itu, kami ada perubahan proses pengajuan remisi juga dari sistem manual menjadi online, sehingga masih butuh penyesuaian," kata Kepala Kanwil Hukum dan HAM Jatim,  Susy Susilawati di Lapas Kelas I Surabaya di Porong Sidoarjo, Rabu (16/8/2017).

Menurut dia, remisi diberikan khusus untuk napi kasus pidana umum dengan potongan masa tahanan mulai satu hingga enam bulan. "Besarnya remisi tergantung lama tidaknya masa hukuman,"  ujarnya seperti dikutip dari laman Kominfo Provinsi Jatim.

Untuk persyaratan,  utamanya harus berkelakuan baik selama dalam tahanan. Selain itu, napi tidak terlibat kasus lain dan telah memenuhi syarat minimal menjalani masa tahanan  selama enam bulan.

Dari belasan ribu napi yang memperoleh remisi, terbanyak yakni dari Lapas Kelas I Surabaya di Porong dan Lapas Kelas II A di Malang. Sedangkan napi terkait pidana khusus tidak diberikan remisi, yakni terkait kasus narkoba,  terorisme,  dan korupsi.

Wakil Gubernur Jawa Timur, H Saifullah Yusuf usai menyerahkan surat remisi mengatakan, proses pembinaan bagi warga binaan di lapas harus lebih dioptimalkan. "Setelah selesai (jalani masa tahanan, red) saudara kita ini harus jadi manusia yang utuh dan lebih baik. Tidak mudah putus asa dan lebih tangguh serta bisa lebih dekat dengan Tuhan," kata Gus Ipul, sapaan Wagub Jatim.

Menurutnya, kasus atau masalah yang pernah dialami para narapidana bisa menjadi pelajaran berharga setelah lepas menjalani masa tahanan. "Pasti ada hikmah dari semua peristiwa yang terjadi," tuturnya.

Gus Ipul juga mengapresiasi pemberian  remisi bagi para napi. Ia juga tak segan memuji dan menyalami para napi di lapas Porong yang menampilkan berbagai atraksi kesenian.  "Tadi waktu datang disambut Reog Ponorogo dan ada penampilan seni musik dan kerajinan karya para napi.  Ini sangat bagus dan luar biasa," pujinya. kbc10

Bagikan artikel ini: