Ini yang jadi fokus Menteri Budi

Sabtu, 19 Agustus 2017 | 16:43 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi saat ini sedang sibuk membangun konektivitas antar pulau di Indonesia.

“Sebagai salah satu sektor strategis dalam membangun bangsa, insan (Kementerian) Perhubungan harus memberikan kemudahan upaya aksesibilitas ke seluruh pelosok Tanah Air agar mampu menjamin konektivitas antar pulau di Indonesia,” kata Menhub melalui keterangan tertulis, Sabtu (19/8).

Kementerian Perhubungan terus berupaya melakukan "Sinergi Membangun Bangsa" demi mewujudkan integrasi antarmoda transportasi dan sistem pelayanan yang handal.

Menhub menjelaskan Kemhub telah melakukan berbagai strategi baik di sektor darat, laut, udara, maupun kereta api untuk meningkatkan konektivitas antar wilayah.

“Di sektor darat, Kemenhub telah mengembangkan angkutan massal perkotaaan. Sedangkan di sektor laut, Kemhub telah membangun dan mengembangkan 65 pelabuhan penyeberangan untuk menyambungkan sabuk utara, selatan dan tengah wilayah Indonesia; mengembangkan short sea shipping di wilayah pesisir sebagai alternatif angkutan barang (Ro-Ro); membangun dan mengembangkan 100 pelabuhan non komersil untuk mendukung tol laut; menyelenggarakan tol laut; dan mengupayakan penurunan dwelling time di pelabuhan untuk efesiensi penyelenggaraan logistik,” jelas Menhub.

“Di sektor udara, Kemhub telah membangun 15 bandar udara baru; membangun dan mengembangkan bandara di wilayah terpencil, terbelakang dan perbatasan; dan meningkatkan konektivitas udara internal melalui penyelenggaraan tol/jembatan udara. Sedangkan di sektor perkeretaapian, Kemhub terus membangun dan mengembangkan kereta api 'untuk angkutan massal antarkota; serta membangun kereta api perkotaan,” papar Menhub.

Lebih lanjut Menhub berpesan kepada seluruh pegawai Kemenhub untuk mengembangkan semangat kerja demi Negara dan bangsa Indonesia.

“Kepada seluruh pegawai saya harapkan agar senantiasa mengembangkan semangat kerja, terus menggali potensi diri dan menebarkan semangat kerja demi negara dan bangsa Indonesia. Marilah terus bekerja bersama dengan sungguh-sungguh dan jujur untuk kemajuan bangsa dan negara,” tutup Menhub. kbc1

Bagikan artikel ini: