Apindo klaim industri pertambangan mulai bergairah

Kamis, 24 Agustus 2017 | 09:24 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Ketua Bidang Mineral dan Batubara (Minerba) Apindo, Muliawan Margadana mengatakan bahwa kondisi industri pertambangan saat ini mulai membaik dan bangkit dari keterpurukan.

"Memang industri pertambangan mengalami goncangan beberapa waktu lalu, tapi sudah mulai membaik," ungkapnya di Kantor Apindo, Kuningan Jakarta Selatan, Rabu (23/8/2017).

Perbaikan ini, menurut dia dapat terlihat dengan mulai kembali beroperasinya perusahaan-perusahaan tambang, serta pihaknya pun melihat adanya peningkatan produksi. Sebagai contoh, dia mengambil industri batu bara.

"Saat ini perbaikan itu terlihat cukup maju, perusahaan-perusahaan besar sudah mulai menambah produksi, kemudian kelas menengah sudah mulai menggeliat," jelasnya.

Dengan adanya perbaikan kondisi ini, tentu saja tidak hanya menguntungkan pengusaha, melainkan juga daerah tempat perusahaan-perusahaan tambang beroperasi. "Kita berharap dengan perbaikan iklim investasi ini, termasuk dukungan dari pemerintah, hubungan industrial antara karyawan dan management dapat terbuka dengan baik," katanya.

"Kita tentu berharap ada regulasi regulasi baru yang mendukung itu sehingga kelangsungan usaha ini tetap terjaga," pungkasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: