Banyak pemda dinilai masih hambat investasi

Senin, 04 September 2017 | 08:05 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Harapan pemerintah pusat dalam mendorong percepatan dan kenyamanan berinvestasi di Tanah Air rupanya masihh menemui kendala. Pasalnya, upaya itu tidak semuanya didukung di tingkat pemerintah daerah.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Realestat Indonesia (REI), Totok Lusida menyatakan pemda masih menjadi penghambat percepatan berinvestasi. Hanya sekitar 5% pemda yang benar-benar menjalankan amanat pemerintah pusat untuk melakukan percepatan investasi.

Menurutnya, sejak diberlakukannya Undang-Undang Nomor 32 tahun 2004 tentang otonomi daerah, Pemda seakan mempunyai alasan untuk tidak menjalankan aturan pemerintah pusat.

"Semenjak ada otonomi daerah, pemda menjadi penghambat. Contoh dalam mengeluarkan izin prinsip, pemda bisa menerbitkan setelah dua tahun, padahal Presiden Jokowi menginginkan hanya tiga bulan," kata Totok, Minggu (3/9/2017).

Untuk itu REI meminta Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) bisa mengkoordinir pemda menjalankan kebijakan pemerintah pusat. Pasalnya jika pemda tak dikontrol, percepatan investasi yang direncanakan pemerintah pusat tidak akan diimplementasikan di daerah. kbc10

Bagikan artikel ini: