'Angry Birds' siap hinggap di bursa Nasdaq

Kamis, 7 September 2017 | 09:45 WIB ET

HELSINKI, kabarbisnis.com: Rovio Entertainment, induk perusahaan waralaba permainan Angry Birds menyatakan bakal melepas sahamnya ke publik dengan skema penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO).

Saham Rovio akan dicatatkan di bursa Nasdaq, Helsinki, Finlandia.

Mengutip CNN Money, Rabu (6/9/2017), perusahaan yang berpusat di Espoo, Finlandia tersebut menyatakan, IPO akan mencakup pula pelepasan saham oleh pemegang saham terbesarnya, yakni Trema International Holdings.

Adapun saham yang bakal dicatatkan di bursa mencapai sekitar 30 juta euro atau 35,7 juta dollar AS.

Pihak Rovio menyatakan, IPO tersebut diharapkan bakal menggenjot pertumbuhan bisnis dan memperkuat pengenalan brand.

Pasca IPO, Rovio juga berharap kemungkinan untuk akuisisi terbuka. Rovio telah memperluas jaringan permainan mobile populernya, Angry Birds tak hanya sekedar permainan, namun juga mainan fisik, pakaian, hingga film 3 dimensi. Permainan Angry Birds pertama kali diluncurkan pada tahun 2009 silam.

"Saya yakin dengan strategi kami yang mengedepankan game," kata CEO Rovio Kati Levoranta.

Ia menyatakan, IPO dan listing saham adalah batu loncatan penting bagi Rovio untuk bertransformasi menjadi perusahaan hiburan yang mengedepankan permainan.

Tahun lalu, Rovio menikmati pertumbuhan pendapatan hingga 94 persen. Lonjakan pendapatan ini didorong kesuksesan film Angry Birds dan kuatnya kinerja lini bisnis permainan. Aplikasi permainan Rovio sudah diunduh sebanyak 3,7 miliar kali. kbc10

Bagikan artikel ini: