Indonesia dan Singapura kolaborasi di sektor pariwisata

Kamis, 7 September 2017 | 22:30 WIB ET

SINGAPURA, kabarbisnis.com: Pemerintah Indonesia dan Singapura menyepakati kerja sama di sektor pariwisata. Komitmen itu dibuat saat kedua pemimpin negara, Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Lee Hsien Loong, menggelar pertemuan di The Istana, Singapura, Kamis (7/9/2017).

Jokowi menyatakan akan melakukan kunjungan wisata bersama (joint destinations). Kerja sama itu meliputi pengoperasian wisata kapal pesiar, pembangunan dermaga kapal pesiar, dan peningkatan investasi infrastruktur pariwisata. Lalu ada kerja sama pengembangan di bidang meeting, incentives, conferences, and exhibitions (MICE).

Pariwisata, ucap Jokowi, merupakan sektor yang belum tergarap optimal. Pengembangan pariwisata, menurut dia, masih terbuka lebar karena ada banyak obyek wisata yang dimiliki Indonesia. "Destinasi baru terus dikembangkan termasuk Ten New Bali'," kata Jokowi.

PM Lee mengapresiasi kehadiran Kawasan Industri Kendal yang diresmikan Presiden Jokowi tahun lalu. Menurut dia, kawasan itu sukses menarik 32 investor, mendatangkan sekitar US$ 500 juta investasi, dan menciptakan sekitar 4.000 lapangan pekerjaan. Ada sejumlah rencana mendirikan politeknik di Kawasan Industri Kendal untuk menciptakan tenaga kerja terlatih untuk mendukung proyek-proyek yang ada," kata Lee.

Ikut menemani Presiden Jokowi dalam pertemuan bilateral, Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution dan Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. Lalu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Selain itu, dalam kesepakatan ekonomi digital dan sektor pariwisata tersebut, Presiden Jokowi juga didampingi Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi M. Nasir, Kepala BKPM Thomas Lembong, dan Kepala BNPB Willem Rampangilei, serta Duta Besar Indonesia untuk Singapura I Gusti Ngurah Swajaya. kbc10

Bagikan artikel ini: