Kesempatan emas jadi CPNS di lembaga ini, jangan sampai kelewatan!

Rabu, 13 September 2017 | 07:10 WIB ET
(istimewa)
(istimewa)

JAKARTA, kabarbisnis.com: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memberi kesempatan kepada seluruh warga negara Indonesia (WNI) untuk mengikuti seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2017.

LIPI membuka lowongan untuk 175 formasi menjadi peneliti. Penerimaan CPNS ini merupakan bagian dari Gelombang II pendaftaran CPNS yang telah dibuka Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan) sejak 11 September hingga 25 September 2017 mendatang.

Lowongan di LIPI secara tingkat pendidikan bervariasi dari mulai lulusan Strata-1 (S1) hingga lulusan doktor. Dari segi keilmuan, LIPI membuka lebih dari 30 bidang keilmuan bagi para pendaftar mulai dari bidang Kimia, Biologi, Teknik Geologi, Teknik Lingkungan, Teknik Industri, Oseanografi, Kesehatan Masyarakat, Kedokteran Hewan, Ekonomi, Farmasi, Hukum, Sosiologi, Antropologi, Filsafat hingga Politik dan Pemerintahan.

Dari total 175, LIPI memberikan delapan lowongan bagi para pendaftar cumlaude, dua lowongan bagi para penyandang difabel, dua lowongan bagi para pendaftar dari Papua dan Papua Barat serta 163 bagi para pendaftar umum. Secara umum, LIPI mengisyaratkan para pendaftar tidak terlibat menjadi anggota/pengurus partai politik dan tidak terlibat dalam politik praktis.

Dalam kriteria lowongan LIPI juga mengisyaratkan para pendaftar harus memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 dan berasal dari perguruan tinggi yang telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Indonesia.

Khusus bagi para penyandang difabel, pendaftar dibuka dari dua bidang keilmuan yakni, Ekonomi (Ekonomi Pembangunan) dan Sosiologi. Sementara dua lowongan peneliti yang ditawarkan pada masyarakat Papua dan Papua Barat, dibuka bagi para lulusan dari bidang keilmuan Biologi dan Antropologi.

LIPI mengimbau, setiap masyarakat dan para pendaftar waspada terhadap informasi yang menyesatkan dan iming-iming dari pihak-pihak yang berkepentingan.

“Dan, mohon untuk selalu dicermati bahwa informasi resmi mengenai penerimaan CPNS LIPI hanya melalui web LIPI, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB), dan Badan Kepegawaian Negara (BKN),” demikian pernyataan tertulis LIPI. kbc3

Graha Agung Kencana
Bagikan artikel ini: