Dorong ketahanan energi listrik di Jatim, PLN groundbreaking SKTT 150 kV Suramadu

Rabu, 13 September 2017 | 20:58 WIB ET

BANGKALAN, kabarbisnis.com: PT PLN (Persero) menegaskan komitmennya untuk  menjadikan tenaga listrik sebagai media untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat dan mengupayakan agar tenaga listrik menjadi pendorong kegiatan ekonomi.  Di wilayah Jatim, pada Rabu (12/9/2017) PLN telah melaksanakan groundbreaking Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) 150 kV Suramadu sirkit 3 & 4 serta pengoperasian Gardu Induk (GI) di sejumlah daerah.

Kepala Sub Bidang Hukum dan Komunikasi PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali Wahyu Supriadi mengatakan, dengan terus meningkatnya kebutuhan listrik, terutama di Jawa Timur, maka diperlukan peningkatan kapasitas infrastruktur kelistrikan yang memadai. Untuk itu, proyek infrastruktur kelistrikan baik berupa pembangkit, transmisi, maupun distribusi, menjadi kunci yang sangat penting bagi penyediaan kelistrikan ke depan.

“Kegiatan PLN dalam melakukan pembangunan tersebut memerlukan upaya yang besar, kerja keras dan kerja sama dengan semua stakeholder, dan sekarang kami bersyukur telah melaksanakan Groundbreaking Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) 150 kV Suramadu sirkit 3 & 4 serta pengoperasian Gardu Induk (GI) yang tersebar di JawaTimur (seperti GI Altaprima , GI Bambe, GIS Gunungsari, GI Jatigedong, GI Kraksaan, GI Gilitimur, GI Karangpilang),” ujar Wahyu saat groundbreaking di Desa Sukolilo Barat, Kecamatan Labang, Kabupaten Bangkalan.

Dijelaskannya, PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali berugas pembangunan Transmisi dan Gardu Induk di wilayah Jawa Timur dan Bali. Dan pekerjaan yang dilaksanakan yaitu pembangunan SKTT 150kV alias “kabel listrik bawah tanah” 150 kV Suramadu sirkit 3 & 4. Kabel tersebut membentang sepanjang 8,5 kilometer sirkit (kms) dari GIS 150kV Kedinding-Surabaya sampai Tower di ujung jembatan Suramadu sisi Madura. Selanjutnya terhubung dengan SUTT 150kV sebanyak 35 Tower menuju ke GI Bangkalan.

“Proyek ini di biayai oleh Anggaran PLN dikisaran Rp 300 miliar dan dilaksanakan oleh PT.Prysmian Indonesia yang merupakan perusahaan nasional dan juga kabel tersebut telah di produksi di Indonesia,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut,  Wakil Gubernur Propinsi Jawa Timur Saifullah Yusuf berharap proyek ini dapat diselesaikan pada Juni 2018. Selain untuk memperkuat pasokan daya, juga untuk perbaikan sistem serta meningkatkan rasio elektrifikasi di Pulau Madura yang saat ini masih 66%, lebih rendah dibandingkan dengan rata-rata Nasional sekitar  91%.

"Secara keseluruhan proyek SKTT 150kV Suramadu sirkit 3 & 4 serta pengoperasian Gardu Induk – Gardu Induk di Jawa Timur ini bagian dari program 35.000 Mega Watt yang sudah dicanangkan pemerintah pusat yang disalurkan melalui 46.000 kms jaringan transmisi dan 109.000 MVA Gardu Induk dan merupakan bentuk kerja nyata jajaran PLN kami untuk menerangi negeri," tambah Direktur Regional Jawa bagian Timur Bali dan Nusa Tenggar, Djoko Rahardjo Abumanan.

Seperti diketahui, bahwa Kebutuhan listrik di Madura saat ini sebesar 140 MW yang dipasok oleh SKTT 150kV sirkit 1 & 2 dengan kemampuan sebesar 200 MW. Untuk mengantisipasi pertumbuhan beban dan menjaga kehandalan sistem di pulau Madura, maka pembangunan SKTT 150kV Sirkit 3 & 4, merupakan salah satu solusi disamping rencana PLN membangun Pembangkit di pulau Madura.

Dengan ketersediaan listrik yang cukup maka diharapkan dapat menarik minat para Investor untuk membuka Industri di Pulau Madura sehingga meningkatkan perekonomian dan taraf hidup masyarakat Madura. Pada Bulan Agustus 2017 jumlah pelanggan Madura beserta kepulauan disekitarnya (Area Pamekasan) sejumlah  34.259 plg. Target penambahan pelanggan sampai dengan Desember 2017 sebesar  46.043 plg.

Dengan kondisi infrastruktur yang ada saat ini, susut diarea pamekasan sebesar 19.25% masih jauh dari target yang ditetapkan sebesar  15.00%. Dengan pembangunan SKTT sirkit 3&4, diharapkan dapat membantu perbaikan tegangan disisi primer sehingga dapat membantu menurunan susut teknis.kbc6

Graha Agung Kencana
Bagikan artikel ini: