5,1 Juta lapangan kerja diprediksi bakal tergilaa kemajuan teknologi

Rabu, 27 September 2017 | 15:21 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Perkembangan teknologi yang pesat akan membuat pekerjaan manusia semakin efisien, sehingga jumlah pekerja bakal berkurang.

Jika perkembangan inovasi teknologi ini, terutama yang terkait dengan perubahan kegiatan ekonomi (disruptive innovation) terjadi, lapangan pekerjaan akan semakin sempit.

Advisory Board Chairman Mandiri Institute Muhammad Chatib Basri mengatakan, dengan demikian daya saing antar individu semakin ketat. Potensi downsizing perusahaan meningkat sehingga menyebabkan bertambahnya pengangguran.

Menurutnya, akan ada sekitar 5,1 juta pekerjaan yang hilang di dunia karena terkikis teknologi. Oleh karena itu, untuk menyiasati hal ini diperlukan kemampuan untuk beradaptasi dan berinovasi.

“Tanpa inovasi, perusahaan baik skala besar maupun kecil tidak bisa bertahan," kata Chatib Basri di Fairmont Hotel, Jakarta, Selasa, (26/9/2017).

Ia menyebutkan beberapa pekerjaan yang akan hilang. Pertama, pegawai kantor pos seiring dengan mudahnya saat ini untuk berkirim pesan melalui pesan elektronik. Kedua, resepsionis maupun sekretaris yang akan tergantikan oleh mesin atau robot. Ketiga, pekerja di industri perangkat keras.

“Peran perangkat keras atau hard disk juga akan tergantikan oleh teknologi clouduntuk menyimpan data. Akibatnya, para pekerja pembuat hard disk juga akan hilang,” kata dia.

Keempat, perbankan yang akan terganggu bisnis modelnya karena tersaingi oleh fintech. Kelima, perusahaan berbasis telekomunikasi yang terganggu bisnisnya akibat teknologi yang lebih mutakhir seperti rencana Google yang ingin membuat semacam balon yang terbang (Google Loon) untuk memancarkan sinyal internet ke daerah-daerah.

Akibatnya, menurut dia, akan banyak orang yang akan menjadi jobless.Pendapatan buruh pun akan semakin kecil dan ketimpangan akan semakin tinggi. Oleh karena itu, regulator harus mengejar perkembangan inovasi ini.

Pemerintah disarankan memiliki kebijakan publik dan fiskal yang bisa cepat berubah mengikuti perkembangan. kbc10

Bagikan artikel ini: