Mendag girang pelaku UKM dipermudah jualan di mal

Kamis, 28 September 2017 | 16:23 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengaku senang melihat pelaku usaha kecil menengah (UKM) bisa masuk dan memperkenalkan barang dagangannya di pusat perbelanjaan besar. Terutama UKM yang berjualan di acara ini tidak dipungut biaya sama sekali.

Hal itu diungkapkannya saat menghadiri acara Festival Culinary yang diadakan oleh Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) di Mall Kota Kasabalanka, Jakarta, Rabu (27/9/2017). Dalam acara ini Mendag melihat dan juga mencicipi berbagai kuliner tradisional yang ditawarkan oleh berbagai usaha kecil dan menengah (UKM) dari seluruh Indonesia.

Mendag Enggar sangat senang melihat UKM bisa masuk dan memperkenalkan barang dagangannya di pusat perbelanjaan besar. Terutama UKM yang berjualan di acara ini tidak dipungut biaya sama sekali.

"Saya berterima kasih kepada APPBI sesuai dengan komitmennya dan ini dibuat satu rangkaian serial memberikan peluang kepada UKM untuk melakukan kegiatan promosi dan dagang dan berjualan tanpa dipungut biaya. Pada waktu pertemuan dengan para pengusaha saya meminta tolong untuk mereka bekerja sama tanpa mereka harus rugi," ungkap Mendag.

Menurut Enggar, festival ini menjadi lebih menarik dari dua hal. Pertama, bagi pengusaha mal sendiri dapat menarik pembeli yang tidak biasa datang.

“Kemudian yang kedua ini kebahagiaan dari kegiatan kerjasama atau kepedulian mereka untuk mengangkat UKM ini," imbuhnya.

Menurut Enggar, selama ini pedagang kecil atau UKM bahkan tidak pernah bermimpi bisa berjualan dan membuka pameran di pusat perbelanjaan besar. Sehingga kegiatan ini sangat baik untuk mendorong pertumbuhan pendapatan UKM.

"Ini membantu UKM untuk mereka bisa mengenalkan produknya dengan brand dan alamatnya sehingga mereka bisa berkelanjutan. Jadi bukan hanya jualan di tempat mereka inilah yang namanya promosi. Jadi sekali lagi saya berterima kasih kepada teman-teman pengusaha yang memenuhi komitmen dan janjinya," tukasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: