Cara Jokowi motivasi pelaku bisnis kopi

Senin, 02 Oktober 2017 | 14:39 WIB ET

BOGOR, kabarbisnis.com: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang sejumlah pelaku bisnis minum kopi, mulai dari barista hingga pemilik kedai kopi lokal “Ngopi Sore”, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu (1/10) petang.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden mendorong dan memotivasi mereka untuk mempromosikan industri kopi di Indonesia.

Jokowi mengatakan, Indonesia adalah produsen kopi yang ke-4 di bawah Brasil, Vietnam, dan Kolombia. Diperlukan promosi di sektor hilir untuk mengangkat harga komoditas bagi petani kopi.

“Menurut saya yang lebih penting, keuntungannya justru jauh lebih banyak apabila kita bisa melihat proses bisnisnya sampai betul-betul tersajikannya kopi itu di pembeli atau konsumen. Karena justru keuntungan yang terbesar ada di situ,” kata Presiden.

Karena itu, Presiden Jokowi mengajak mereka yang terlibat dalam bisnis kopi, terutama di sektor hulu untuk mengembangkan bisnis juga ke arah penyajian minuman kopi.

“Saya kira anak-anak muda kita dengan membangun sebuah pasca panen yang baik, packaging yang baik kemudian memprosesnya dengan barista-barista yang baik dan menjualnya tidak melalui cara yang biasa, bisa dengan online store, toko online, saya kira ini akan lebih gampang kita masuk dan bertarung di pasar dunia,” ungkap Presiden. kbc10

Bagikan artikel ini: