Uber dukung kewirausahaan di Indonesia

Selasa, 03 Oktober 2017 | 21:31 WIB ET

JAKARTA, labarbisnis.com: Mendukung enterpreneur di Indonesia, Uber menghadirkan Uber Entrepreneur yang merupakan sebuah inisiatif untuk mengapresiasi para mitra pengemudi Uber yang merupakan pemilik usaha micro kecil dan menengah yang juga mitra-mitra pengemudi Uber

John Colombo Head of Public Policy  and Government Affairs Indonesia Uber menjelaskan, di dalam aplikasi Uber terdapat fitur unik berupa icon bola lampu disamping foto dan nama mitra pengemudi. Sementara dibeberapa kota di Indonesia terdapat kartu untuk menginformasikan bahwa mitra tersebut adalah seorang entrepreneur.

"Para penumpang bisa ngobrol dengan mitra tersebut tentang usaha yang dijalani saat tidak mengemudi bersama Uber. Hal ini dapat membangun kepercayaan, bahkan memperluas jaringan atau menciptakan potensi peluang bisnis," ujar John, saat peluncuran Uber Enterpreneur, di Jakarta, Selasa (03/10/17).

Uber Enterpreneur merupakan komitmen dari Uber untuk mendukung kewirausahaan di Indonesia yang diwujudkan dalam dua hal, yakni dukungan untuk memperluas jaringan dan pelatihan kewirausahaan.

John menjelaskan, mayoritas mitra Uber Entrepreneur adalah mereka yang belum lama merintis wirausaha dan memerlukan dukungan dan akses lebih luas untuk mengembangkan usaha.

"Dari survey dengan resposden 8.400 mitra yang bergabung dalam inisiatif Uber Entrepreneur 40% baru menjalankan usaha kurang dari dua tahun, 60% di atas 2 tahun dengan mayoritas 44,4% beromzet antara Rp1 juta hingga Rp5 juta," papar John.

Untuk pelatihan Uber entrepreneur akan berkolaborasi dengan beberapa lembaga antara Excellerate Labs dan Aplikasi kelola yang akan memberikan pelatigan pengembangan usaha kecil.dan menengah di Jakarta, Bandung, Surabaya di bulan Oktober hingga Desember 2017.  knc10

Bagikan artikel ini: