Google Pixel 2 XL, smartphone dengan kamera tercanggih besutan Google

Kamis, 5 Oktober 2017 | 21:58 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Tahun ini, Google Pixel generasi kedua yang bernama Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL, adalah pembaharuan signifikan dari Pixel generasi sebelumnya. Jika di tahun lalu tak ada desain yang menarik bahkan tak anti air, pengembangan generasi kedua Pixel jauh lebih dari itu.

Bisa dibilang, kali ini varian jumbo dari Pixel 2 yakni Pixel 2 XL, jauh lebih elegan, dan sedikit mengikuti tren smartphone. Mari kita bahas.

Dengan rilisnya generasi kedua Pixel ini, Google seakan mencakup dua buah smartphone yang dibutuhkan masyarakat: Pixel 2 yang terlihat masih konvensional dengan bezel besar dan rasio layar normal, dan juga Pixel 2 XL yang selangkah maju dengan layar cukup lebar dan mengusung konsep bezel-less dengan rasio 16:9.

Jika berbicara soal desain, bisa dibilang Pixel 2 XL ini punya sedikit kemiripan dengan LG G6, meski ketebalan bezelnya sedikit lebih lebar. Ketebalan bezel ini pun digunakan dengan baik karena Google meletakkan speaker stereo yang menhadap ke depan.

Di bagian belakang, Pixel 2 XL mempertahankan desain dual material seperti yang diusung di Pixel generasi pertama. Kedua material ini masing-masing mengusung metal dan kaca, dan diperlihatkan dengan dual-tone warna juga di beberapa varian.

Bagian kamera dari Pixel 2 XL tidak tertanam dalam kaca, namun diletakkan menonjol dari kaca dan nampak benjol seperti yang dilakukan iPhone 6 dan 6S silam. Terdapat modul LED flash dan juga dua titik yang merupakan transmitter dan receiver dari sistem autofokus cepat.

Salah satu yang aneh dari Pixel 2 XL adalah hilangnya headphone jack. Padahal tahun lalu, Google menyindir Apple yang menghilangkan headphone jack di iPhone 7. Kali ini demi mengakomodir hal tersebut, Google merilis serta Pixel Buds yang merupakan earphone wireless cerdas.

Pixel 2 XL bisa dibilang jagoan dalam hal performa. Di atas kertas, Pixel 2 XL mengusung Qualcomm Snapdragon 835 2GHZ bersama kartu grafis Adreno 540, dan RAM sebesar 4GB. Pixel 2 XL disuplai tenaga oleh baterai berkapasitas 3520mAh. Selain itu, kini Pixel 2 XL sudah dibekali sertifikasi IP67 yang membuatnya anti air dan debu.

Salah satu fitur menarik dari Google Pixel 2 XL adalah fitur Active Edge, fitur yang mirip dengan Edge Sense di HTC, di mana Anda tinggal meremas Pixel 2 untuk langsung meluncurkan Google Assistant.

Kamera

Pixel 2 XL mengusung kamera beresolusi 12 MP, dengan sensor sebesar 1/2.6 inci. Sensor ini sedikit lebih kecil dari Pixel sebelumnya, namun di Pixel 2 XL, terdapat sabilisasi optikal untuk stabilitas video dan fokus yang lebih tajam. Google sendiri jadi satu-satunya produsen smartphone yang menggunakan stabilisasi optikal dan elektrik secara bersamaan.

Selain itu, dynamic range dari kamera Pixel 2 XL diklaim jadi jauh lebih baik. Hal ini diraih dengan teknik compuatational photography dan juga HDR+ yang mampu mengkombinasikan beberapa gambar dengan kecerahan berbeda.

Tak lupa fitur Portrait Mode yang mampu mengaburkan latar belakang dengan kesan alami. Google sendiri mengklaim Portrait Mode Pixel 2 XL adalah yang terbaik karena berbasis machine learning, sehingga mengenali perspektif dan jarak, sehingga tingkat blur disesuaikan dengan kondisi alami.

Kualitas ini dibuktikan Pixel 2 XL dengan meraih nilai 98 dari situs benchmark kamera terkemuka DXO Mark. Angka ini resmi mengalahkan nilai yang diraih oleh Samsung Note 8 serta iPhone 8 Plus.

Android Oreo

Sebagai produk Google, Pixel 2 XL punya tugas untuk memamerkan nadroid terbaru secara alami, tanpa sentuhan UI seperti di produk smartphone lain. Pixel 2 XL sendiri mengusung beberapa fitur Oreo.

Kini, bar Google Search ada di bagian bawah, tepat di atas tombol navigasi. Hal ini dilakukan untuk kemudahan jari kita untuk mengakses tombol pencarian. Hal ini mungkin dipertimbangkan karena peletakan di bagian atas tak ramah untuk mengguna smartphone besar seperti Pixel XL.

Terdapat juga fitur always-on display karena layar Pixel 2 XL yang sudah OLED. Layar always-on display, yang aktif ketika layar mati ini, akan selalu menampilkan informasi musik apapun yang sedang diputar di ruangan tempat perangkat ini berada.

Pixel 2 dan Pixel 2 XL juga merupakan smartphone pertama yang mendapat akses Google Lens. Google Lens sendiri adalah fitur pemindai gambar yang bisa memberi informasi apapun tentang gambar yang kita ambil.

Sementara soal ketersediaan, Pixel 2 XL hanya akan tersedia di Australia, Kanada, Jerman, India, Inggris, dan Amerika Serikat.

Harga Pixel 2 XL dibanderol sebesar 850 dollar, atau sekitar 11,5 juta Rupiah untuk 64GB, dan 950 Dollar atau sekitar 13 juta Rupiah untuk 128GB.

Bagikan artikel ini: