Belajar dari pria tertutup ini, pernah jadi satpam dan kini punya kekayaan Rp62 triliun

Selasa, 10 Oktober 2017 | 12:06 WIB ET

SATU LAGI kisah inspiratif tentang sosok pengusaha yang berangkat dari nol. Mike Adunaga adalah pengusaha papan atas Nigeria. Tapi siapa sangka, bos Globacom, perusahaan jaringan telepon seluler terbesar kedua di Nigeria, ini ternyata pernah jadi satpam. Di Globacom, kini Mike mengelola lebih dari 24 juta pelanggan. Adenuga juga menggarap bisnis perusahaan eksplorasi minyak, Conoil Producing.

Kekayaannya saat ini disebut sampai US$ 4,6 miliar atau Rp 62 triliun. Wow!

Adenuga mulai menghasilkan pundi-pundi uang sejak usia 26 tahun. Kini usianya 60 tahun. Dalam keseharian, dia terkesan tertutup. Hampir tak pernah diwawancarai wartawan. Pria beranak tujuh ini ke mana-mana dikawal sekelompok pengawal khusus berbadan tegap.

Dikutip dari Forbes, Adenuga lahir pada 29 April 1953. Bernama lengkap Michael Adeniyi Isola Adenuga, pria ini menuntut ilmu hingga SMA di Ibadan Grammar School di kota kelahirannya.

Setelah lulus, Adenuga memilih terbang ke ke Amerika Serikat (AS) untuk melanjutkan pendidikan. Pendidikannya di Negeri Paman Sam ini berakhir dengan gelar sarjana administrasi bisnis dari North-Western University di Oklahoma. Tak berhenti si situ, Adenuga meneruskan jenjang pendidikannya dengan mengambil kuliah S2 di jurusan yang sama di Pace University, New York.

Kehidupannya saat mengeyam ilmu di AS berjalan bukan tanpa halangan. Untuk memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya di AS, dia pernah bekerja sebagai sopir taksi. Sementara untuk menutupi biaya kuliahnya, Adenuga juga bekerja sebagai satpam di AS. kbc3

Bagikan artikel ini: