Kadin bidik 1 juta UKM jadi usaha formal dalam enam bulan

Kamis, 12 Oktober 2017 | 09:57 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah tengah mendorong pertumbuhan usaha kecil dan menengah di dalam negeri. Dengan tata kelola dan iklim usaha yang baik, UMKM dapat tumbuh menjadi salah satu pusat perekonomian bangsa.

Wakil Ketua Kadin Bidang UKM, Muhammad Lutfi mengatakan pengembangan para pelaku usaha kecil juga menjadi perhatian Kadin. Bahkan, dalam enam bulan ke depan, Kadin sebagai sebuah wadah bagi pengusaha, telah menargetkan akan mendorong 1 juta usaha mikro dan kecil menjadi usaha formal.

"Kalau bisa kita dalam enam bulan ke depan kita formilkan 1 juta jenis usaha. Caranya mendaftar usaha mikro kecil ini, ikut bayar NPWP, bayar pajak," ujar Lutfi di ICE, BSD City, Rabu (11/10/2017).

Mantan Menteri Perdagangan ini mengatakan dengan menjadi usaha formal, maka pengusaha tersebut akan membayar pajak dan tentu dapat menambah penerimaan negara. Namun di sisi lain, pengusaha bersangkutan akan memiliki kesempatan lebih besar untuk mengembangkan usaha. Salah satunya dengan diberikannya akses pada permodalan.

"Setelah mereka di sektor formal, artinya mereka bisa mengakses pendanaan. Pendanaan ini bisa pear to pear atau bank," jelasnya.

Dengan demikian, dia berharap usaha kecil semakin tumbuh dengan baik dan turut menjadi penggerak ekonomi bangsa. "Kemudian usaha kecil bisa menjadi pusat perekonomian baru," tegas Lutfi. kbc10

Graha Agung Kencana
Bagikan artikel ini: