Hadapi gempuran e-commerce, ini strategi Matahari Department Store

Kamis, 12 Oktober 2017 | 14:24 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Jelang penghujung tahun, sektor retail belum sepenuhnya pulih dari keterpurukan. Jatuhnya sektor yang paling dekat dengan konsumen ini, mulai tampak sejak tahun lalu.

Kondisi ini tidak dipungkiri oleh Merchandising Marketing and Store Operations Director PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) Christian Kurnia. Meskipun sudah ada tren positif, tapi sektor retail dikatakan Christian masih merangkak.

"Belum sepenuhnya rebound tapi sudah menunjukkan satu tren yang positif, sebetulnya kan secara keseluruhan dari menurut orang yang menganalisa setelah lebaran tahun lalu kan sedikit menurun atau mengalami angka yang cukup berat," ujarnya di Hotel Fairmount, Jakarta, Rabu (11/10/2017).

Ibarat jatuh tertimpa tangga, retail offline juga harus menghadapi gempuran dari bisnis retail online. Sehingga, Christian mengatakan pelaku retail offline harus melakukan adaptasi, hal ini pula yang diterapkannya pada Matahari dengan mengakomodasi layanan online melalui Mataharimall.com

"Kuncinya toko offline akan bisa terus bertahan kalau beradaptasi, kalau tidak ya akan susah untuk mengikutinya. Nah jadi supaya bisa bertahan di kondisi ini riteler harus beradaptasi,"kata dia.

Tetapi, kehadiran Mataharimall.com dikatakan Christian belum memberikan sumbangsih yang besar bagi sang induk. Hanya dia memastikan, angkanya terus tumbuh secara signifikan. "Online masih kecil, angka pasti enggak bisa berikan. Matahari harus bisa beradaptasi pengalaman belanja yang enggak bisa didapatkan di online," tukas dia. kbc10

Bagikan artikel ini: