Jajaran perempuan paling berpengaruh di Indonesia, siapa saja?

Selasa, 17 Oktober 2017 | 08:03 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Sukarnoputri dinobatkan sebagai perempuan paling berpengaruh di Indonesia oleh majalah bisnis dan gaya hidup berbahasa Inggris, Globe Asia.

Penyanyi Raisa Andriana ada di posisi ke-86 dalam edisi khusus "99 Most Powerful Women 2017". Berikut adalah beberapa perempuan yang mampu membuat perubahan dan disebut berpengaruh di Indonesia:

1. Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri

Megawati adalah orang yang menjadikan Joko Widodo sebagai Presiden RI. Ketua umum partai berkuasa ini dianggap mampu mempertahankan kebinekaan Indonesia sesuai dengan prinsip Pancasila. Di partainya, anak mantan Presiden Soekarno ini adalah penentu terakhir dalam setiap dinamika perdebatan.

2. Ibu Negara Iriana Widodo

Ibu negara Iriana selalu berusaha tampil sederhana (low profile) dan mendukung suaminya yang mendominasi panggung politik. Ibu tiga anak ini -Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu and Kaesang Pangarep- adalah simbol kesederhanaan, dedikasi dan kebijaksanaan. Iriana juga aktif mendorong industri kreatif dan isu-isu pendidikan dan kesehatan.

4. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

Sri Mulyani menunjukkan kemampuannya lewat kesuksesan program amnesti pajak yang berakhir 31 Maret lalu. Meski mendapatkan kritik dari berbagai arah, Sri menunjukkan bahwa perekonomian Indonesia masih mampu terus tumbuh dengan rasio utang terhadap pendapatan domestik bruto (PDB) yang relatif rendah. Mantan managing director World Bank ini dianggap mampu menjadikan Kementerian Keuangan lebih akuntabel, profesional dan bertanggung jawab.

7. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti

Tidak diragukan lagi, Menteri Susi adalah figur paling populer dalam pemerintahan Joko Widodo. Ketegasannya terhadap illegal fishing membuat Indonesia disegani negara lain sehingga sumber daya maritim Indonesia terlindungi. Kesuksesannya terlihat dari meningkatnya kesejahteraan nelayan dan angka produksi perikanan Indonesia.

86. Penyanyi Raisa Andriana

Penyanyi berusia 27 tahun ini adah penyanyi terpopuler di Indonesia. Raisa menjadi tenar berkat albumnya pada tahun 2011. Penyanyi yang baru mematahkan hati para pria dengan menikahi aktor Hamish Daud baru-baru ini mendapatkan berbagai macam penghargaan, termasuk Penyanyi Terbaik Perempuan dan enam kategori lain di Anugerah Musik Indonesia (AMI). kbc3

Bagikan artikel ini: