Asyik! Harga BBM RON 89 di SPBU Vivo lebih murah ketimbang bensin milik Pertamina

Kamis, 26 Oktober 2017 | 16:50 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Energi dan Sumber Daya Energi (ESDM) meresmikan pengoperasian Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) PT Vivo Energy Indonesia. Untuk tahap awal, pengoperasian SPBU ini  di Cilangkap, Jakarta Timur (Jaktim).

Adapun yang menjadi perhatian disini, salah satu produk bahan bakar minyak (BBM)  yang dibanderol dengan brand Revvo yakni sebesar Rp 6.100 per liter untuk RON 89. Dengan spesifikasi bahan bakar lebih tinggi, namun harga yang ditawarkan lebih murah dari harga premium RON 88 penugasan pemerintah untuk Jawa Bali yakni Rp 6.450 per liternya

"Pemerintah memberikan kesempatan kepada pihak swasta untuk menyalurkan BBM dengan mengikuti peraturan.RON 89 hari ini dijual Rp 6.100 per liternya. RON nya sedikit lebih tinggi, harganya juga bersaing, sehingga masyarakat juga punya pilihan," ujar Menteri ESDM Ignasius Jonan di Jakarta (26/10/2017).

Selain menjual bahan bakar RON 90, SPBU Vivo menyediakan dua jenis bahan bakar lainnya yakni RON 90 harga Rp 7.500, RON 92 dan Rp 8.250 per liter. Atas hal ini, Jonan mengatakan Pertamina harus melakukan strategi agar tak kalah saing.

Menurutnya  salah satu strateginya adalah pertamina perlu efisien. Jonan tak menampik jika kehadiran Vivo Energy membuat persaingan penjualan BBM di Indonesia semakin ketat.

Namun, Jonan menilai, pemerintah perlu membuka kesempatan dan persaingan pasar untuk bisa menjamin akses masyarakat dalam mendapatkan BBM."Penugasan di Pertamina kan harganya sudah ditetapkan.. Kita tanya Pertamina, kalau pertamina bisa lebih efisien bagus sih," ujar Jonan.

Jonan mengatakan efisiensi perlu dilakukan Pertamina agar tak kalah saing dengan SPBU lain yang berani memasang harga lebih murah dibandingkan Pertamina.

Dikatakan jika pertamina bisa lebih meningkatkan efisiensi maka pertamina akan tetap di minati masyarakat."Strateginya apa, kita dorong Pertamina supaya bisa lebih efisien," tukasnya

Corporate Communication PT Vivo Energi Indonesia Maldi Aljufrie mengklaim meski harga bahan bakar Revvo yang dibanderol lebih murah, namun hal itu masih dalam keekonomian. Selain di Cipayung Jakarta Timur, Vivo Energi Indonesia berencana mendirikan tujuh SPBU lagi yang tersebar di Jabodetabek. Selain itu, tiga SPBU lagi rencananya berada di Maluku.kbc11

Bagikan artikel ini: