Ngebet bisnis wisata ruang angkasa, orang terkaya sedunia suntik dana segede ini

Senin, 06 November 2017 | 12:13 WIB ET

BOS Amazon Jeff Bezos kini menjadi orang terkaya sejagat raya. Baru-baru ini, dia menjual sebagian kecil sahamnya di Amazon senilai lebih dari US$ 1 miliar yang berarti dia mendapat dana segar tak kurang dari Rp14,7 triliun.

Setelah penjualan itu, Bezos secara pribadi masih memiliki 16% saham Amazon, perusahaan belanja digital terbesar yang dia dirikan sejak 1994.

Saat ini, kekayaan Bezos sekitar US$ 90 miliar (Rp 1.214 triliun). Dia menyalip jumlah kekayaan Bill Gates sekitar US$ 88 miliar.

Lantas, ke mana dana hasil penjualan saham itu akan digunakan? Kabar menyebutkan, Bezos akan menggelontorkan duit Rp14,7 triliun itu untuk perusahaan antariksa komersial Blue Origin yang dia dirikan.

Blue Origin didirikan lebih dari satu dekade silam, namun belum mampu menjalani misi antariksanya yang pertama. Bezos bertekad membuka bisnis berwisata ke ruang angkasa dengan roket semi orbit bernama New Shepherd. Sejauh ini, Blue Origin baru menjalani uji coba peluncuran tanpa awak. Penerbangan perdana dengan awak ditargetkan terlaksana pada April 2019. kbc9

Bagikan artikel ini: