Kementerian PAN-RB ingin daerah lain adopsi Mall Pelayanan Publik Banyuwangi

Kamis, 09 November 2017 | 07:24 WIB ET
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menginginkan Mal Pelayanan Pubik Banyuwangi yang telah mampu memudahkan masyarakat dalam mengurus berbagai dokumen dan perizinan dapat diadopsi oleh daerah lain. 

Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan dan RB Prof Diah Natalisa, MBA meninjau Mall Pelayanan Publik tersebut di Banyuwangi, Jawa Timur, belum lama ini didampingi Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dan Asisten Perencana Anggaran (Arsena) Kapolri Irjen Pol Bambang Sunarwibowo.

"Banyuwangi memiliki komitmen yang kuat. Baru beberapa waktu lalu kami bersama Bupati Anas melihat mal semacam ini di Azerbaijan dan Georgia. Pulang dari sana, hanya seminggu sudah terealisasi mal ini karena memang sudah terencana sejak jauh hari. Terus terang ini sangat progresif, dan daerah lain bisa mencontohnya," kata Diah.

Diah mengapresiasi beragamnya jenis layanan yang ada di mal tersebut. 

"Ada administrasi kependudukan, PDAM, BPJS, bermacam-macam perizinan, surat-surat kendaraan, surat kepolisian. Lengkap. Bahkan ada bilik nikah juga. Saya juga dilapori sekarang sedang proses untuk pengurusan paspor bisa dilakukan di sini. Kalau semua daerah seperti ini tentu masyarakat akan sangat senang," ujar Diah.

Selain beragamnya layanan, Diah juga memuji fasilitas pendukung Mal Pelayanan Publik Banyuwangi, seperti ruang bermain anak, pojok baca, dan bahkan ada tempat pemeriksaan kesehatan. 

"Ini akan jadi pilot project daerah lain. Kabupaten seperti Banyuwangi yang bukan kota besar saja bisa, tentu yang lain pasti bisa. Banyuwangi pantas jadi pilot project," kata Diah.

Sementara itu, Bupati Abdullah Azwar Anas berterima kasih atas apresiasi Kementerian PAN-RB terhadap Mal Pelayanan Publik Banyuwangi. "Kementerian PAN-RB telah banyak mengasistensi kami untuk berbenah, kami berterima kasih. Mal Pelayanan Publik ini ikhtiar untuk memudahkan warga. Mengurus dokumen di pemerintahan harus lebih menyenangkan bagi warga, tidak boleh bikin cemberut," ujar Anas.

Mall Pelayanan Publik Banyuwangi kini melayani 149 jenis layanan, mulai dari administrasi kependudukan, berbagai jenis perizinan, retribusi daerah, surat kendaraan, surat kepolisian, PDAM, BPJS, hingga surat-surat yang diterbitkan Kementerian Agama seperti yang terkait pernikahan.

"Saya targetkan ini terus bertambah. Insya Allah akhir tahun bisa 200 layanan. Ada banyak tambahan nanti, sekarang sedang integrasi sistem, seperti pertanahan dan keimigrasian," ujarnya. kbc10

Bagikan artikel ini: