Gempa guncang daerah ini, lebih dari 300 orang meninggal

Selasa, 14 November 2017 | 05:39 WIB ET

BAGHDAD, kabarbisnis.com: Lebih dari 300 orang meninggal di Iran ketika gempa bumi berkekuatan 7,3 pada skala Richter melanda negara itu pada Minggu (12/11/2017), demikian media negara melaporkan sebagaimana dikutip Antara.

Regu-regu penolong mencari puluhan orang yang terperangkap di bawah reruntuhan di kawasan pegunungan. Sedikitnya enam orang juga meninggal di Irak.

Polisi negara mengatakan lebih 336 orang meninggal di Iran dan sedikitnya 3.950 orang menderita luka-luka. Para pejabat setempat mengatakan jumlah angka kematian diperkirakan akan meningkat sementara regu-regu penolong mencari di kawasan-kawasan terpencil di Iran.

Gempa bumi dirasakan di beberapa provinsi di bagian barat Iran, tetapi provinsi yang paling parah dilanda gempa ialah Kermanshah, yang mengumumkan hari berkabung selama tiga hari. Lebih 236 korban berada di daerah Sarpol-e Zahab di Provinsi Kermanshah, sekitar 15 kilometer dari perbatasan Irak.

Televisi negara Iran melaporkan gempa bumi itu telah menimbulkan kerusakan berat di sejumlah desa, tempat rumah-rumah dibuat dari batu bata. Regu-regu penyelamat bekerja keras menemukan mereka yang masih hidup terperangkap di bawah gedung-gedung yang runtuh.

Gempa itu juga memicu tanah longsor yang merintangi usaha-usaha pertolongan, kata para pejabat kepada televisi negara. Sedikitnya 14 provinsi di Iran terkena dampak bencana itu, demikian media Iran.

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatulloh Ali Khamenei menyatakan turut bela sungkawa pada Senin, mendesak seluruh lembaga pemerintah melakukan semua yang dapat mereka bantu bagi mereka yang terdampak.

Survei Geologi AS menyebutkan gempa itu berkekuatan 7,3. Seorang pejabat meteorologi Irak menyebutkan gempa berkekuatan 6,5 dengan pusat gempa di Penjwin di Provinsi Sulaimaniyah, kawasan Kurdistan, dekat dengan perlintasan perbatasan utama dengan Iran. kbc4

Bagikan artikel ini: