Menteri Jonan ingin Indonesia ekspor batu bara sebanyak-banyaknya ke Tiongkok

Selasa, 14 November 2017 | 17:28 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah Indonesia memberi sinyal untuk memperbesar kuota ekspor batu bara ke Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Sinyal itu sejalan dengan keinginan meningkatkan hubungan kerja sama antara kedua negara yang diharapkan bisa memberi keuntungan bagi masing-masing pihak.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan, Tiongkok adalah salah satu negara tujuan utama ekspor batu bara dari Indonesia. Pemerintah akan mendorong kerja sama jangka panjang untuk ekspor batu bara di masa depan.

"Tiongkok adalah salah satu tujuan utama ekspor batu bara Indonesia. Dan kami mendorong terus kerja sama dalam jangka panjang untuk ekspor batu bara Indonesia ke Tiongkok," kata Jonan, dalam sambutan acara The 5th Indonesia-China Energy Forum (ICEF V), di Hotel JW Marriott, Kuningan, Jakarta, Senin (13/11/2017).

Administrator National Energy Administration (NEA) RRT H.E. Nur Bekri menyampaikan tahun lalu ekspor batu bara ke Tingkok sebanyak USD20 miliar. Sementara laju pertumbuhan ekspor batu bara tahun ini mengalami peningkatan 17 persen.

"Volume total ekspor batu bara Indonesia-Tiongkok USD20 miliar. Dan laju pertumbuhan Januari hingga September 17 persen. Laju penambahannya 17 persen," ucap Nur Bekri.

Capaian tersebut, menurut Nur Bekri, menandakan bahwa kerja sama antara dua negara tersebut saling mengisi dan saling menguntungkan. "Hal tersebut menandai itu kerja sama sektor energi saling mengisi dan saling membantu," ungkap Nur Bekri.

Sekadar diketahui, pemerintah mencatat produksi batu bara Indonesia dari Januari hingga September 2017 mencapai 195 juta ton. Dari total produksi itu sebanyak 163,5 juta ton di ekspor keluar negeri. Sedangkan 31,5 juta sisanya diserap di dalam negeri oleh PT PLN (Persero).

Adapun beberapa negara yang menjadi tujuan ekspor batubara adalah Tiongkok, Jepang, Hong Kong, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, Filipina, Malaysia, India, Amerika Serikat, Belanda, Italia, dan Spanyol. kbc10

Bagikan artikel ini: