Harga minyak dunia melonjak, pemerintah belum berniat ubah harga BBM

Selasa, 14 November 2017 | 21:10 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) belum akan mengubah harga Bahan Bakar Minyak (BBM) penugasan dan solar bersubsidi meskipun harga minyak dunia terus mengalami kenaikan.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama, Dadan Kusdiana mengutarakan pemerintah telah menetapkan harga BBM itu tidak akan mengalami perubahan hingga akhir tahun."Kan sudah diketok sampai Desember. Kita juga memantau tapi tidak ada keperluan yang memaksa," kata Dadan di Jakarta, Selasa (14/11/2017).

Ia juga menegaskan hal tersebut akan terus berjalan meskipun PT Pertamina (Persero) selalu mengeluh bahwa dengan tidak diubahnya harga kedua BBM tersebut membuat rugi perseroan."Pertamina sering ke sini ya, bicara dengan Pak Menteri (Ignasius Jonan), Pak Menteri juga mendengar," ujar Jonan.

Asal tau saja, harga minyak West Texas Intermediate untuk pengiriman Desember naik US$ 0,02 menjadi di US$ 56,76 per barel di New York Mercantile Exchange. Sementara minyak mentah Brent untuk pengiriman Januari turun US$ 0,36 menjadi ditutup pada US$ 63,16 per barel di London ICE Futures Exchange.

Sampai hari ini Harga BBM penugasan atau Premium Rp6.450 per liter (diluar Jawa, Madura, dan Bali) dan harga Solar Rp 5.150 per liter. Harga minyak mentah US$ 48 per barel, lifting minyak 815.000 barel per hari (bph) dan lifting gas 1,15 juta barel setara minyak per hari.kbc11

Bagikan artikel ini: