KTM lirik Zarco untuk MotoGP 2019 ketimbang Marquez

Selasa, 14 November 2017 | 21:36 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Usai dirumorkan bakal mencoba mendekati Marc Marquez untuk MotoGP 2019, KTM mengeluarkan pernyataan yang cukup menyimpang dari gosip tersebut. CEO KTM, Stefan Pierer justru menyatakan kepada Speedweek bahwa Johann Zarco lah rider yang mereka bidik dua tahun lagi.

Didukung Red Bull dan punya secuil sejarah bersama KTM di GP125, Marquez dinilai logis pindah ke KTM. Meski begitu, Zarco juga punya sejarah cukup panjang bersama pabrikan Austria tersebut, terutama saat memenangi Red Bull Rookies Cup 2007, yakni kejuaraan one make race dengan motor KTM.

Selain itu, Zarco yang saat ini membela Monster Yamaha Tech 3, sudah lama berada di bawah bimbingan Aki Ajo, pemilik dan bos Ajo Motorsport yang dikenal terasosiasi dengan KTM. Zarco bahkan menjuarai Moto2 2015-2016 bersama Ajo, meski kedua gelar ini dimenangkan bersama sasis Kalex.

"Jika melihat peta performa, jujur saja tak ada rider lain yang saya pikirkan kecuali Johann. Ia dua kali juara Moto2 bersama Ajo dan juara Rookies Cup di atas KTM. Ia kenal KTM. Jadi jika ditanya, saya berkata, "Johann Zarco adalah satu-satunya rider yang kami pertimbangkan dengan serius untuk 2019"," ujar Pierer

Jadi, mengapa KTM justru tak tertarik merekrut Marquez, yang merupakan empat kali juara dunia MotoGP dan bakal banyak membantu dalam pengembangan RC16? Pierer pun punya alasan yang cukup unik, dan alasan ini berkaitan dengan tim mereka di Moto2 saat ini.

"Jujur saja, Marc punya talenta unik, ia punya "planet" sendiri. Jika ia menang, itu berkat Marc. Jika ia kalah, motor saya yang disalahkan. Lagipula, perekrutan macam ini tak seiring dengan program junior kami, yang telah kami bangun dengan telaten," pungkas Pierer. kbc10

Bagikan artikel ini: