BPS sebut banyak wanita akan pilih menjomblo, ada apa?

Rabu, 15 November 2017 | 09:15 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Badan Pusat Statistik (BPS) memperkirakan jumlah penduduk Indonesia pada 2020 akan mencapai 270 juta orang. Saat itulah, BPS akan melaksanakan Sensus Penduduk (SP) dengan berbagai tantangan perubahan sosial, salah satunya banyak wanita yang tidak menikah (unmerried woman).

Deputi Bidang Statistik Sosial BPS, Sairi Hasbullah mengungkapkan, pelaksanaan Sensus Penduduk di 2020 akan menghadapi berbagai tantangan, termasuk perubahan perilaku masyarakat. Menurutnya, orang akan semakin lebih privat.

"Ada yang berbeda di 2020, karena akan menghadapi dinamika luar biasa. Salah satunya makin banyak unmerried woman," ujar dia saat acara Seminar Internasional di kantor BPS, Jakarta, Selasa (14/11/2017).

Dia mengaku, kehidupan orang di periode tersebut akan lebih bersifat pribadi atau privasi. Kecenderungan tidak mau diganggu karena kesibukan dan mobilitas yang tinggi. "Privasi orang makin tinggi, masyarakat lebih sibuk. Jadi tantangan kita di sini," ujar dia.

Oleh karena itu, Sairi menuturkan, BPS akan melakukan berbagai cara untuk pelaksanaan SP 2020. Tidak lagi menggunakan wawancara tatap muka, melainkan meninggalkan kuesioner untuk diisi responden, kemudian mengambilnya kembali setelah diisi.

"Di saat itu kami akan melaksanakan SP, jadi persiapan harus matang dan berkolaborasi dengan semua pihak. Untuk orang-orang sibuk, tidak bisa menggunakan face to face interview, tapi meninggalkan form dan pick up. Jadi ada cara lebih beda karena perubahan sosial," jelas dia.

Sairi mengatakan, saat Sensus Penduduk dilaksanakan di 2020, jumlah penduduk Indonesia mencapai 270 juta orang atau bertambah dari saat ini sebanyak 258 juta orang. Sementara di 2035, prediksinya menembus 305 juta orang.

"Nah banyak unmerried woman, banyak yang single. Mereka lebih memilih untuk tidak menikah karena makin sibuk dengan kerjaannya, tidak sempat bersosialisasi lagi dan lebih memilih karier atau individual achievement, jadi terbengkalai urusan pribadinya," kata Sairi. kbc10

Bagikan artikel ini: