Barata Indonesia bakal bangun crane untuk Pelindo III

Rabu, 15 November 2017 | 22:13 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: PT Barata Indonesia (Persero) melakukan penandatanganan kerjasama dengan PT Pelabuhan Indonesia  (Persero) III di Jakarta, Rabu (15/11/2017).  Kedua perusahaan BUMN tersebut sepakat untuk melakukan penandatangan kontrak pembangunan fasilitas peralatan pelabuhan, dimana Barata Indonesia akan memproduksi Crane untuk Pelindo III yang akan ditempatkan di pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Hadir dalam Penandatangan kerjasama tersebut, Direktur Utama Barata Indonesia, Silmy Karim serta Direktur Utama Pelindo III  I Gusti Ngurah Ashkara Danadiputra dan disaksikan langsung oleh Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan (KSPP) Kementerian BUMN, Ahmad Bambang.

Silmy Karim mengungkapkan bahwa kesepakatan antara kedua perusahaan tersebut merupakan realisasi dari MOU yang telah ditantangani sebelumnya, pada bulan Maret lalu dimana Pelindo III sepakat untuk meningkatkan local content dengan melakukan sinergi dengan perusahaan sesama BUMN.

"Kerjasama ini merupakan bentuk sinergi antar BUMN. Selain itu  proyek pembangunan crane untuk pelabuhan ini juga merupakan salah satu dukungan dari Barata Indonesia untuk progam konvektivitas khususnya peralatan pelabuhan,” ujar Silmy dalam siaran persnya, Rabu (15/11/2017).                                                         .

"Bagi Barata sendiri, kerjasama ini merupakan suatu bisnis model yang diterapkan antara Barata dan Pelindo III dalam rangka mengoptimalkan sinergi BUMN dan meningkatkan semangat lokal konten dalam mewujudkan kemandirian Indonesia dalam produksi crane pelabuhan,” imbuhnya

Dalam paket kerjasama ini, Barata Indonesia akan memproduksi 4 (empat)  buah Rubber Tyred Gantry Crane (RTGC) yang akan disewa oleh Pelindo III untuk digunakan di pelabuhan Tanjung Perak.

Barata Indonesia juga akan memberikan pelayanan maintenance terhadap crane yang diproduksi tersebut. Sebagai perusahaan plat merah, Barata Indonesia sendiri tidaklah asing dengan produksi Crane. Sebelumnya, Barata Indonesia juga pernah memproduksi RTGC untuk Pelabuhan Teluk Bayur serta Rail Mounted Harbour Crane (RMHC) untuk Pelabuhan Bontang.  

Selain dengan Pelindo III, Barata Indonesia juga telah menjajaki kerjasama dengan Pelindo I, Pelindo II serta Pelindo IV. kbc7

Bagikan artikel ini: