Awas, ada tiga negara yang dianggap mengancam Indonesia, ternyata ada Malaysia

Kamis, 16 November 2017 | 06:12 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Ternyata, ada tiga negara yang dinilai publik Indonesia sebagai ancaman. Siapa saja?

Lembaga Media Survei Nasional (Median) menyatakan terdapat tiga negara peringkat teratas yang dinilai publik sebagai ancaman terbesar bagi Indonesia yakni Tiongkok, Amerika Serikat, dan Malaysia.

Dikutip dari siaran pers, hasil survei yang dilakukan Median terhadap 1.000 responden yang masuk kategori pemilih menyebutkan, publik menilai ancaman dari negara-negara tersebut datang baik dari segi dominasi ekonomi maupun militer dan budaya. 

Dalam survei yang digelar di seluruh Indonesia pada 14-22 September 2017 itu ditemukan fakta bahwa 22,7 persen responden menyatakan Tiongkok sebagai negara paling mengancam karena dari segi ekonomi sangat mendominasi pasar tanah air. Selain itu produk-produk asal negeri Tirai Bambu juga dinilai menguasai pasar di Tanah Air.

Sementara itu di posisi kedua 14,1 persen responden menyebut Amerika Serikat mengancam Indonesia lantaran mendominasi dari segi militer serta kerap mencampuri urusan negara lain.

Pada urutan ketiga 7,8 persen responden memilih Malaysia yang dinilai kerap mengklaim budaya Indonesia sebagai budayanya, dan sering bersengketa soal perbatasan dengan Indonesia.

Secara keseluruhan terdapat sedikitnya 11 negara yang dinilai publik mengancam Indonesia. Mereka secara berturut-turut yakni Tiongkok 22,7 persen, Amerika Serikat 14,1 persen, Malaysia 7,8 persen, Israel 3,2 persen, Myanmar 1,7 persen, Korea Utara 1,7 persen, Singapura 1,2 persen, Australia 1,2 persen, Belanda 1,0 persen, Jepang 0,5 persen, Rusia 0,2 persen dan tidak menjawab 44,6 persen. kbc3

Bagikan artikel ini: