Getol gelar event pariwisata, Pemkab Minahasa bidik kenaikan kunjungan wisata

Jum'at, 17 November 2017 | 23:15 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Pemerintah Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, berharap kunjungan wisatawan domestik, dinataranya dari Jawa Timur,  meningkat seiring gelaran agenda-agenda pariwisata. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa, Agustivo Tumundo, mengatakan pihaknya kini terus menggalakkan event pariwisata untuk mendorong kunjungan wisatawan.

“Yang baru saja kami laksanakan adalah Festival Danau Tondano dimana kami mengadakan berbagai acara di kawasan Danau Tondano yang menjadi salah satu obyek wisata andalan di Kabupaten Minahasa. Kedepan kami masih mengagendakan berbagai event pariwisata untuk mendorong kunjungan wisatawan,” katanya kepada wartawan.

Salah satunya adalah event yang berkaitan dengan perayaan Natal dan tahun baru di bulan Desember 2017, Wonderful Christmas 2017. Pada event ini akan diadakan berbagai kegiatan, seperti Christmas Carnival, Lomba Ornamen Natal, Parade Santa Claus, Christmas Chamber Choir and A Capella Music Festival, Konser Natal dan Pesta Kembang Api, serta diakhiri ibadah Akhir Tahun.

Selain dua agenda tersebut, sepanjang tahun ini Kabuapten Minahasa telah melaksanakan berbagai agenda pariwisata yang masuk dalam program Pesona Minahasa 2017 diantaranya Festival Benteng Moraya, Festival Taman God Bless Minahasa, Festival Selebrasi paskah, Festival Budaya Minahasa, Festival Jatin, Festival Bukit Kasih, dan Festival Pantai Mahembang.

Agustivo mengatakan agenda-agenda pariwisata ini terbukti ampuh mendongkrak kunjungan wisatawan ke Minahasa. Hingga September 2017, tercatat kunjungan wisatawan di Minahasa mencapai 1 juta kunjungan dimana 74.758 diantaranya adalah kunjungan wisatawan mancanegara. Jumlah kunjungan hingga Triwulan III/2017 ini telah melampaui total kunjungan wisatawan selama tahun 2016 dimana jumlah kunjungan tercatat sebanyak 840.125 kunjungan yang terbagi 32.125 kunjungan wisatawan mancanegara dan 808.000 kunjungan wisatawan domestik.

"Jumlah itu baru yang tercatat saja, sebenarnya masih banyak kunjugan yang tidak tercatat karena ada wisatawan yang pergi ke Minahasa hanya untuk sekedar makan di Tepi Danau Tondano namun menginap di Manado,” tutur Agustivo.

Untuk terus mendorong jumlah kunjungan wisata, Agustivo mengatakan pihaknya juga terus melakukan promosi keluar daerah, salah satunya dengan mengikuti pameran-pameran pariwisata. Yang terbaru, Kabupaten Minahasa turut serta dalam pameran Kemilau Sulawesi 2017 yang digelar Kementerian Pariwisata di Surabaya pekan lalu. Dalam pameran tersebut, pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota di Pulau Sulawesi didatangkan untuk mempromosikan potensi wisata di daerahnya masing-masing. kbc8

Bagikan artikel ini: