Pekerja di sektor ini bakal jadi buruan di tahun depan

Kamis, 23 November 2017 | 08:27 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Tren digital dewasa ini ikut mendorong laju perkembangan industri teknologi dan informasi. Kondisi ini juga berimbas pada meningkatnya kebutuhan akan sumber daya manusia (SDM) di sektor digital, terutama di bidang Information and Technology (IT) alias Teknologi Informasi (TI).

Data perusahaan spesialis rekrutmen profesional Robert Walters menyebut, jika banyak perusahaan konvensional yang mengembangkan bisnisnya ke ranah digital, semisal transportasi online, e-commerce hingga financial technology (fintech). Maka tenaga yang ahli di bidang TI banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan digital.

"Selain itu, profesional Tl di bidang komputasi cloud, keamanan siber dan big data juga diminati karena sub-sektor Tl ini menjadi area pertumbuhan utama, dan tren ini diperkirakan akan berlanjut pada 2018," kata Toby Fowlston, Managing Director Robert Walters untuk Asia Tenggara di Jakarta, Rabu (22/11/2017).

Bahkan, profesional di bidang TI bisa mendapatkan kenaikan gaji hingga 40% saat berpindah dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya. Hal itu bila dilihat dari kemampuan dan kebutuhan dari SDM di bidang TI.

"TI ini kita most challenging part, karena fintech company, startup company setiap hari itu selalu ada. Jadi agak berebutan talent dan talent-talent ini hight demand dan sangat diperlukan. Bisa minta 40% kenaikan gaji," kata Karina Saridewi, Manajer Akuntansi Keuangan Robert Walters.

Saat ini banyak perusahaan konvensional yang mengembangkan bisnisnya ke ranah digital, semisal transportasi online, e-commerce hingga financial technology (fintech). Maka tenaga yang ahli di bidang TI banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan digital.

"Sebagai hasil dari transformasi ini, banyak perusahaan yang ingin mempekerjakan para profesional dengan keahlian digital, baik di bidang pemasaran dan teknologi informasi, terutama mereka yang mahir dalam menjalankan infrastruktur digital back office atau dengan keahlian teknologi khusus," kata Toby. kbc10

Bagikan artikel ini: