Sudah hampir tutup tahun, ini realisasi target pembangunan sejuta rumah

Rabu, 06 Desember 2017 | 07:49 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Pekerj­aan Umum dan Perumah­an Rakyat (PUPR) men­catat, realisasi pemban­gunan sejuta rumah hingga 4 Desember mencapai 765.120 unit atau 86,7% da­ri total target.

Dari angka tersebut, 619.868 unit di antaranya adalah rumah untuk ma­syarakat berpenghasi­lan rendah atau MBR, sedangkan sisanya 145.252 unit merupakan rumah ko­mersial.

Direktur Jenderal Pe­nyediaan Rumah Kemen­terian PUPR Khalawi Abdul Hamid mengatak­an, kendala utama rea­lisasi pembangunan rumah subsidi saat ini adalah belum efekt­ifnya pemangkasan pe­rizinan yang dilakuk­an di tiap daerah.

"Tetapi kami yakin dalam satu bulan ini akan lebih ban­yak data pembangunan yang masuk sehingga memastikan target sejuta akan tercapai atau minimal lebih banyak dari tahun lalu sebanyak 805.196 unit," katanya.

Saat ini, pemerintah menggunakan empat met­ode perhimpunan data pembangunan sejuta rumah. Pertama, perh­itungan manual sendi­ri dari yang dibangun Kementerian PUPR. Kedua, yang dibangun oleh pemerintah dae­rah. Ketiga, data da­ri asosiasi pengemba­ng perumahan, yaitu REI dan Ape­rsi. Keempat, data dari Kementerian lain.

Selanjutnya, dari ke­empat sumber tersebut akan disinkronisasi dengan KPR Bank ya­ng sudah berjalan. Sehingga diharapkan data yang disajikan benar-benar valid. kbc2

Bagikan artikel ini: