Tanggap darurat, PTPN XI sebar bantuan ke sejumlah daerah

Rabu, 06 Desember 2017 | 15:22 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Bencana alam yang terjadi hampir serentak di Indonesia khususnya  Jawa Timur membuka simpati bagi masyarakat termasuk PT Perkebunan Nusantara XI. Untuk itu, perusahaan plat merah berbasis tebu ini telah mengirimkan sejumlah bantuan ke berbagai daerah yang mengalami bencana alam.  

“Kami prihatin atas bencana yang melanda saudara kita beberapa waktu lalu. Untuk itu Kami berusaha meringankan beban masyarakat yang terkena bencana angin puting beliung di Sidoarjo serta bencana banjir dan tanah longsor di Pacitan. Kami bentuk dua tim, satu menyalurkan ke Sidoarjo dan tim lainnya ke Pacitan, masing-masing telah salurkan bantuan senilai total Rp100 juta,” terang Moch. Cholidi Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara XI, di Surabaya, Selasa (5/12/2017) petang.

Dalam penyaluran bantuan, masing-masing tim telah berkoordinasi dengan instansi dan lembaga terkait. Selanjutnya PTPN XI masih memantau kondisi dan kebutuhan yang diperlukan untuk rencana penyaluran kembali bantuan dari karyawan.

Di Sidoarjo, bantuan PTPN XI disalurkan pada tanggal 2 Desember 2017 bertempat di desa Tambak Rejo melalui lembaga kemanusiaan ACT berupa uang tunai. “Kami salurkan melalui salah satu lembaga kemanusiaan  sehingga bantuan tersebut bisa bersinergi dengan bantuan lain  dan  manfaat yang dirasakan masyarakat lebih besar,” terang Sugiharti Kepala Divisi PKBL dan CSR.

Sedangkan untuk bencana banjir dan longsor di Pacitan telah disalurkan pada tanggal 28 Nopember terhadap bencana Banjir dan Tanah Longsor yang terjadi di 3 kecamatan,  yaitu Arjosari, Kebonagung, Pacitan,  yang menimbulkan korban jiwa dan material. Bantuan tersebut terdiri atas paket sembako, pakaian, selimut, peralatan sekolah pompa air dan obat-obatan. “Setelah melakukan pendataan barang yang dibutuhkan  serta melakukan koordinasi dengan pihak terkait, Kami langsung salurkan bantuan ke lokasi “ ujar Sugiharti.

“Semua bantuan, atas nama Pemerintahan  Pacitan mengucapkan banyak terima kasih, masyarakat membutuhkan sembako, makanan dan logistik “ kata Kepala Dinas Sosial  Pacitan Sunaryo. Selain Tim Kemanusiaan PTPN XI, turut hadir dalam penyaluran bantuan  tersebut General Manager PG Pagottan, PG Redjosarie, dan PG Poerwodadie.  

Melalui anak perusahaan yang bergerak di jasa kesehatan, PT Nusantara Sebelas Medika, PTPN XI mendirikan posko kesehatan selama tujuh hari kedepan untuk melayani masyarakat korban bencana tanpa dikenakan biaya. " Kami buka posko kesehatan selama seminggu ini. Bila diperlukan akan dilanjutkan pelayanannya " terang  Arif Wijanto.

Direktur Utama PT Nusantara Sebelas Medika. Pihaknya menurunkan dua tim kesehatan yang masing-masing tim terdiri dari dokter umum,  perawat serta dilengkapi satu unit ambulance dan obat-obatan. Tim tersebut akan bertugas secara bergantian setiap tiga hari.

Hingga Selasa kemarin pagi penyakit yang banyak diderita antara lain: Tinea cruris (penyakit gatal-gatal di kaki), Myalgia (sakit-sakit di badan),  Vulnus apertum (luka robek),  ISPA (sesak nafas, batuk pilek), dan Dermatitis dengan sekunder infeksi (sampai bengkak dan kesakitan).kbc6

Bagikan artikel ini: