Persaingan LMPV ketat, Toyota kebut peluncuran Avanza baru di 2018

Kamis, 07 Desember 2017 | 14:44 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Toyota-Astra Motor (TAM) berniat memperkenalkan model baru mobil sejuta umatnya, Toyota Avanza, pada 2018. Tingkat persaingan di segmen low MPV (mobil keluarga) semakin ketat sejak tahun ini, akibat kehadiran Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero, kemungkinan menjadi pertimbangan Toyota Indonesia.

Bila Mitsubishi Xpander menggoda pasar dengan desain eksterior yang futuristik dan fitur canggih, maka Wuling Confero menawarkan harga jual yang sangat terjangkau di segmen low MPV. Dua daya saing pemain baru inilah yang mungkin dipantau terus oleh Toyota Indonesia yang merajai segmen low MPV lewat model Avanza.

Perlu diketahui, di segmen low MPV, Toyota Avanza memiliki dua model, yakni Avanza (mesin 1.300 cc) dan Avanza Veloz (mesin 1.300 cc dan 1.500).

"Setelah All New Toyota Rush diluncurkan, giliran Avanza pada tahun depan," ungkap Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager TAM, pada Merdeka.com, baru-baru ini.

Menurut pria yang biasa disapa Soerjo ini, dalam tahapan product planning Toyota Indonesia, biasanya model baru membutuhkan waktu tiga sampai lima tahun. Namun, untuk Avanza, kami memutuskan untuk mempercepatnya di tahun depan. Hanya saja, Soerjo enggan merinci lagi apakah model baru Avanza itu merupakan all new model atau major change model.

Toyota Indonesia terakhir melakukan major change model di Avanza pada Agustus 2015, setelah model All New Avanza (generasi kedua) meluncur pada 2011. Avanza pertama kali meluncur di Indonesia pada awal 2004.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), segmen low MPV diisi banyak model. Sebut saja Honda Mobilio, Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki APV, Daihatsu Luxio, Suzuki Ertiga, Nissan Evalia, Chevrolet Spin, Mitsubishi Xpander, Wuling Confero, dan Mazda VX-1. Dua model, yakni Chevrolet Spin dan Mazda VX-1 (kembarannya Suzuki Ertiga) sudah kalah, lantaran penjualannya nihil hingga Oktober tahun ini.

Per Oktober tahun ini, Toyota Avanza masih merajai segmen low MPV dengan total penjualan 99.418 unit atau rata-rata penjualan sekitar 10 ribu unit per bulan. Tak heran bila Avanza ini diberi julukan 'mobil sejuta umat'. Di peringkat kedua, Daihatsu Xenia dengan volume 31.743 unit, sangat jauh volumenya dari Avanza. Sedangkan di peringkat ketiga dan keempat diisi oleh Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga, masing masing dengan volume 31.211 unit dan 29.034.

Sebagai pendatang baru di segmen ini, penjualan Mitsubishi Xpander tercatat 3.447 unit selama dua bulan (September-Oktober), sejak diluncurkan pada Agustus. Sedangkan Wuling Confero 3.115 unit selama empat bulan sejak Juli. kbc10

Bagikan artikel ini: