Mendag pastikan izin ekspor impor hanya bisa dilakukan anggota Kadin

Kamis, 07 Desember 2017 | 17:13 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memastikan izin ekspor impor hanya boleh dilakukan oleh anggota Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia.

Pernyataan tersebut dikeluarkan menyusul dilakukannya perjanjian kesepakatan antara Kadin dan Kemendag untuk saling bertukar data perusahaan di bidang perdagangan secara online dan keterbukaan informasi.

Menurutnya, nota kesepahaman ini bertujuan untuk menjadi landasan kerja sama bagi Kemendag dan Kadin untuk meningkatkan kemudahan berusaha bagi para pebisnis Indonesia.

Atas perjanjian itu setiap perusahaan yang mendaftar di Kemendag akan langsung dinyatakan sebagai anggota Kadin. Pengusaha saat mendaftar di kementerian tersebut, secara otomatis mendapat nomor anggota Kadin tanpa di pungut biaya.

"Hanya anggota Kadin yang boleh melakukan izin ekspor impor," kata Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita pada acara penandatangan kerja sama Kemendag-kadin tentang Integasi Data Perusahaan di bidang Perdagangan Secara Online, Jakarta, Kamis (7/12/2017).

Kerja sama itu diharapkan mampu memberikan banyak manfaat bagi pelaku usaha maupun pemerintah. Database anggota Kadin secara otomatis akan menjadi database Kemendag. Data ini akan memudahkan pemerintah dan Kadin merumuskan dan mensosialisasikan berbagai kebijakan perdagangan.

Kementerian Perdagangan juga akan melakukan pemeriksaan bagi pengusaha anggota Kadin. Jika ditemukan hal yang dianggap melanggar aturan, menteri meminta agar dicoret dari keanggotaan Kadin.

"Kalau ada yang menimbun barang di gudang, akan kita kunci terus sampai busuk," tegasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: