Laris manis, CitraHarmoni tambah unit di cluster Rotterdam 2 seharga Rp480 jutaan

Minggu, 10 Desember 2017 | 22:24 WIB ET

SIDOARJO, kabarbisnis.com: Luar biasa. Itulah ungkapan yang patut diberikan terhadap proyek yang dikembangkan PT Ciputra Delta di kota mandiri CitraHarmoni di Sidoarjo. Betapa tidak, di tengah ketatnya persaingan pasar properti serta kecenderungan melemahnya daya beli masyarakat, proyek terbaru yang dikembangkannya mendapat tanggapan positif dari konsumen.

Pasalnya, setelah sukses menjual rumah di cluster Rotterdam tahap 1 akhir tahun 2016 lalu, penjualan di cluster yang sama untuk tahap 2 juga mendapat respon tinggi.

General Manager Ciputra Delta, Hartono Winarko mengatakan, sebenarnya awalnya pihaknya hanya berencana membangun sekitar 50 unit rumah di cluster Rotterdam 2. Namun ternyata unit yang kita pasarkan laris manis, bahkan banyak yang tidak kebagian.

"Oleh karena itu kami memutuskan untuk menambah unit di Rotterdam 2 menjadi total 140 unit," katanya dii sela open house dan peluncuran cluster Rotterdam 2 di CitraHarmoni, Minggu (10/12/2017).

Sebagai catatan, cluster Rotterdam 1 sendiri berjumlah 101 unit dan diluncurkan akhir tahun 2016 lalu dan juga habis terjual dalam angka waktu singkat.

Ditambahkan Hartono, cluster Rotterdam 2 sendiri memiliki beberapa tipe pilihan untuk rumah 1 lantai dan 2 lantai. Untuk rumah 1 lantai tersedia tipe Muiden A (LB 36/LT 72) dan Muiden B (LB 40/LT 90). Sedang untuk rumah 2 lantai tersedia tipe Brumen A (45/72) dan Brumen B (53/72), Vorden (53/91), dan Roermond (60/90).

Respon yang tinggi dari konsumen juga terlihat dari jumlah penjualan yang berhasil dibukukan pada open house tersebut, dimana sudah terjual 60 unit. Hartono memperkirakan jumlahnya akan terus bergerak naik, mengingat banyaknya calon pembeli yang datang.

Dipaparkannya, selain harganya yang terjangkau, yakni mulai Rp 480 jutaan sampai dengan Rp 800 jutaan, tingginya minat konsumen terhadap cluster tersebut juga didasari oleh sejumlah keunggulan yang dimiliki, dan tentu saja nama besar pengembang yang merupakan kelompok usaha Ciputra.

"Cluster ini bernuansa Belanda, oleh karena itu kita namai Rotterdam. Di cluster ini dilengkapi dengan taman bunga  dan sculpture khas Belanda, kanal, windmolen, taman rusa, hingga taman klompen khas Belanda," tutur Hartono.

Marketing Manager Citra Harmoni, R Mayasari menambahkan, tingginya minat masyarakat terhadap produknya di segmen menengah juga terlihat dari banyaknya permintaan bahkan terhadap produk yang sudah laku atau dimiliki pembeli. "Di cluster Rotterdam I misalnya, hingga kini ada saja yang pesan jikalau ada pemilik yang mau menjual. bahkan mereka rela membeli dengan selisih harga yang lumayan," ungkapnya.

Tak hanya harga rumah yang diakuinya mengalami kenaikan signifikan. Harga tanah di kawasannya pun ikut terkerek, apalagi dalam waktu dekat pihaknya terus menambah berbagai fasilitas dan lingkungan, seperti mulai dibangunnya flyover di atas rel kereta api yang menghubungkan perumahan dengan area komersial di Jalan Raya Surabaya-Krian.

"Bahkan untuk cluster Rotterdam 2, pada Senin (11/12/2017) besok harga sudah naik sekitar 3 persen," ujar Maya.

Apalagi, lanjut dia, rata-rata masyarakat memang sudah melihat tren properti ke depan dan kentungannya, apalagi di Taman Sidoarjo ini akan ada Tol Sumo (Surabaya-Mojokerto) ditambah lagi akses Jalan Lingkar Luar Barat (JLLB) di Surabaya.

Sementara itu terkait promo yang ditawarkan ke calon pembeli, Maya menyebutkan jika saat ini pihaknya menawarkan cicilan DP Rp 2,5 jutaan per bulan, dan angsuran mulai Rp 2,9 jutaan per bulan. Ditambah bonus tandon bawah, juga bebas semua biaya, bebas pengalihan hak 1x, cashback DP hingga angsuran senilai jutaan rupiah.

"Dan yang pasti saat ini bunga KPR cukup murah. Kami bekerja sama dengan BCA dan Bank Mandiri yang selalu support kami," jelasnya.

Bank Mandiri misalnya, menawarkan bunga KPR hanya 3,99% fixed 1 tahun, bunga 5,99% di tahun kedua, dan bunga 6,75% tahun ke-2 dengan tenor KPR minimal 8 tahun.

Sedang BCA, menawarkan bunga 6,1% fixed 3 tahun dengan subsidi 1% untuk dua tahun pertama, dan atau 6,5% fixed 5 tahun dengan subsidi 1% juga untuk dua tahun pertama.

Sekadar diketahui, perumahan CitraHarmoni sendiri berkonsep kawasan mandiri berfasilitas tempat ibadah, sekolah, waterpark, sarana olahraga, kesehatan, pusat kuliner, supermarket, children playground, dan area komersial.

Direktur PT Ciputra Development Tbk, Edy Mulyono menambahkan, gebrakan yang dilakukan pengembang Citra Harmoni dengan merilis cluster bernuansa Belanda dengan harga terjangkau tersebut merupakan ide bagus di saat persaingan di pasar properti ketat.

"Saat ini segmen menengah dengan rentang harga Rp 500 juta-700 jutaan masih memiliki potensi yang besar. Karena segmen menengah atas saat ini belum bertumbuh signifikan," ulasnya.

Dia pun memprediksi segmen menengah masih akan tetap menjadi primadona di tahun-tahun mendatang, meski ada pemilihan kepala daerah (pilkada) pada 2018 dan pemilihan presiden dan legislatif pada 2019. kbc7

Bagikan artikel ini: