Bitcoin diklaim bisa bantu genjot kemudahan usaha RI, kok bisa

Kamis, 14 Desember 2017 | 08:06 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Masyarakat Indonesia masih menunggu langkah yang akan diambil Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait keberadaan bitcoin. Nilai dari bitcoin saat ini terus melonjak seiring naiknya minat masyarakat bertransaksi dengan mata uang virtual tersebut.

 

Pengamat Teknologi dan Informatika Anthony Leong mengatakan, bitcoin merupakan bentuk dari perkembangan teknologi, terutama dari sisi pembayaran. Terlebih bitcoin ini ditransaksikan melalu sistem blockchain.

 

"Kami juga mencoba menyoroti dari sisi pengusaha, sama juga dari HIPMI, dan ke depan stakeholder sepertinya perlu kita jahit. Asosisasi perlu berperan, karena menurut saya banyak manfaatnya dengan bitcoin ini," jelas dia dalam satu diskusi di Hotel Ibis, Jakarta, Rabu (13/12/2017).

 

Salah satu keunggulan dari bitcoin, dipaparkan Anthony, adalah sistem keamanannya yang bisa dipertanggungjawabkan. Dengan menggunakan blockchain, segala bentuk transaksi bitcoin bisa terlacak. Dengan demikian mampu mencegah aksi pencucian uang (money laundry).

 

Tidak hanya itu, kemudahan dan kemanan transaksi inilah yang menjadikan pasar bitcoin terus merangkak naik. Alhasil saat ini beberapa pengusaha mulai tertarik memiliki bitcoin ini.

 

"Jangan sampai iklim investasi di Indonesia itu terganggu gara gara ini. Jelas ini akan menjadi terobosan baru dalam meningkatkan Ease of Doing Business di Indonesia. Tidak ada salahnya OJK dan BI memberikan regulasi," terang dia.

 

Memang saat ini masih belum banyak negara di dunia yang mengatur mengenai bitcoin ini, namun Anthony percaya, ke depan bitcoin akan menjadi bagian dari perkembangannya teknologi sistem pembayaran di berbagai negara. kbc10

Bagikan artikel ini: