Bidik segmen menengah, Ciputra kembangkan superblok di kawasan Wiyung

Jum'at, 15 Desember 2017 | 23:47 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Segmen menengah tampaknya menjadi buruan banyak pengembang properti untuk memasarkan produknya. Tidak terkecuali Ciputra Group. Kali ini, dengan menggandeng pengembang lokal, yakni PT Surya Sakti Propertindo, Ciputra Group bakal mengembangkan proyek mixed use alias superblok di kawasan Surabaya Barat, tepatnya di Jalan Raya Wiyung.

Guna merealisasikan rencana ini, PT Ciputra Development Tbk bersama PT Surya Sakti Propertindo membentuk perusahaan joint venture dengan nama PT Citra Mentari Propertindo.

Perusahaan ini akan mengembangkan superblok di atas lahan seluas 7,5 hektare, mulai lifestyle mall, apartemen, office, hotel, serta Soho. Layaknya superblok, proyek ini nantinya juga akan dilengkapi berbagai fasilitas penunjang dan sebagai life style.

Direktur PT Ciputra Development Tbk, Sutoto Yakobus mengatakan, proyek tersebut rencananya akan mulai dipasarkan pada kuartal II tahun 2018, dan akan mulai dibangun pada akhir 2018.

"Untuk tahap pertama kami akan bangun mall dan dua tower apartemen dulu  di atas lahan seluas 2,3 hektare. Nilai proyeknya untuk tahap I ini sekitar Rp 1 triliun," katanya kepada wartawan di Ciputra World Surabaya, Jumat (15/12/2017).

Dipaparkannya, saat ini pihaknya masih dalam tahap pengurusan izin pembangunan proyek tersebut.

Rencananya, secara total pihaknya akan membangun sebanyak 8-10 tower apartemen dengan tinggi sekitar 150 meter. "Untuk apartemen secara total akan memiliki luas 450.000 meter persegi, sementara mall seluas 55.000 meter persegi," jelas Sutoto.

Meski belum mengungkap harga jual untuk apartemen tersebut, dia menyebut jika kisaran harganya sekitar Rp 15 juta per meter persegi.

"Artinya, kita memang membidik segmen menengah. Mengapa, karena saat ini pasar segmen menengah masih tebal dan menguntungkan. Sementara segmen lainnya masih wait and see, termasuk segmen premium," jelas Sutoto.

Menurutnya, saat ini pasar properti untuk segmen menengah masih cukup luas. Kebutuhan hunian di segmen ini terus bertambah, dengan adanya demografi warga usia muda yang cukup besar.

Selama ini, proyek Ciputra di wilayah kota Surabaya, mayoritas sudah masuk di segmen menengah ke atas.

Seperti mal Ciputra World Surabaya, perumahan Citraland, dan produk properti Ciputra lainnya. Karena itu, kerjasama dengan PT Surya Sakti Propertindo sebagai pemilik lahan, siap dikembangkan Ciputra untuk membidik segmen menengah dengan cara beda.

"Kami ada proyek apartemen menengah dengan membidik konsumen mahasiswa. Sedangkan proyek baru ini kami bidik konsumen umum," lanjut Sutoto.

Menurutnya, proyek apartemen berada di kawasan dekat sekolah atau perguruan tinggi untuk membidik konsumen mahasiswa. Sementara apartemen yang tidak berada di kawasan sekolah, bisa tumbuh bila ada kegiatan ekonomi, seperti mall dan perkantoran.

"Sementara untuk proyek baru ini, kami bidik menengah umum. Karena itu kami sediakan mal dibawahnya, kemudian tower apartemen yang dalam jangka panjang akan ada 8-10 tower," lanjut Sutoto.

Di tempat yang sama, Andi Wahono dari PT Surya Sakti Propertindo yang juga Direktur di PT Citra Mentari Propertindo menambahkan, pihaknya optimis produk properti yang digarap Ciputra akan mendapat respon positif pasar.

"Produk hasil dari Ciputra Group selalu bagus dan mampu menarik konsumen. Kami optimis proyek ini bisa mendapat respons positif di tahun depan," katanya. kbc7

Bagikan artikel ini: