Tak pernah sehari pun libur selama 26 tahun, akhirnya dia jadi perempuan terkaya Tiongkok

Senin, 18 Desember 2017 | 12:58 WIB ET
(istimewa)
(istimewa)

MAJALAH Forbes telah menempatkan Dong Mingzhu sebagai 1 dari 100 pengusaha perempuan luar biasa di Tiongkok. Dong Mingzhu adalah bos Gree Electric Appliance, dia menyabet peringkat pertama di jajaran elit pengusaha perempuan Tiongkok.

Gree Electric adalah perusahaan AC terbesar di Tiongkok dengan keuntungan lebih dari 82 milyar yuan pada 2016. Mingzhu mempunyai lebih dari 70.000 karyawan.

Perempuan berusia 62 tahun tersebut mempunyai raksasa bisnis dengan sekian perjuangan berat. Dong Mingzhu disebutkan tidak pernah libur atau memanfaatkan waktu cutinya sama sekali selama 26 tahun.

Dia memulai karir sebagai tenaga penjualan pada awal tahun 1990, kepindahannya ke perusahaan yang berdiri di Guandong sejak tahun 2001 ini ternyata membuahkan hasil yang luar biasa. Di bawah kendalinya, Gree Electric Appliance tumbuh dari perusahaan kecil yang tak dikenal menjadi perusahaan raksasa penguasa pasar AC di Tiongkok.

Saking giatnya bekerja, ia mengaku tidak pernah menghadiri kelulusan anak laki-laki satu satunya, sejak sang anak masih duduk di bangku TK hingga wisuda perguruan tinggi.

Ditinggal suaminya sejak 1984 karena meninggal dunia, ia tidak pernah berpikir untuk menikah lagi. Semua dedikasinya dipersembahkan untuk mengatur perusahaan.

Kini dia merasa sedikit penyesalan karena melewatkan waktu-waktu berharga dengan sang putra saat ia bertumbuh. "Untuk membuat dunia menjadi lebih baik, sebagian kecil orang memang harus berkorban," ujarnya. kbc1

Bagikan artikel ini: