Kejar pertumbuhan ekonomi 5,4% di 2018, ini strategi pemerintah

Senin, 18 Desember 2017 | 20:23 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pertumbuhan ekonomi nasional tahun 2018 dipatok 5,4% . Pemerintah meyakini target tersebut akan tercapai melalui strategi pemanfaatan bonus demografi yang diarahkan pada enam sektor prioritas.

Keenam sektor tersebut adalah industri manufaktur, informasi dan komunikasi, pariwisata, pertanian, konstruksi dan jasa keuangan. Enam sektor ini dianggap paling potensial untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi secara cepat dan mengurangi angka kemiskinan.

"Bonus demografi jangan hanya dilihat dari jumlah penduduk, kalau bisa tangani bonus demografi dengan baik, punya usaha yang bisa mengembangkan investasi di Indonesia," kata Menteri PPN/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang Brodjonegoro di Jakarta, Senin (18/12/2017).

Dia menambahkan bahwa keenam sektor itu selama ini dianggap menjadi kontributor utama bagi pertumbuhan PDB nasional. Dengan memaksimalkan potensi ini diharapkan percepatan pertumbuhan ekonomi dapat tercapai.

"Sektor pengolahan (manufaktur) sangat penting karena selama ini berikan kontribusi terbesar bagi PDB, dia juga punya nilai tambah tinggi, lalu pertanian karena isu food security, kemiskinan terbesar di pertanian jadi harus diperhatikan," pungkasnya.kbc11

Bagikan artikel ini: