Pacu kinerja, PTPN XI kembangkan layanan “Go Tani”

Selasa, 19 Desember 2017 | 13:09 WIB ET

LUMAJANG, kabarbisnis.com: Upaya PT Perusahaan Nusantara atau PTPN XI untuk meningkatkan kinerja perusahaan terus dilakukan. Mencermati perkembangan dunia informasi dan teknologi, PTPN XI telah mengembangkab layanan berbasis Teknologi dan Informasi yang dinamakan “Go Tani”.

Direktur Operasional PTPN XI, Daniyanto  mengatakan bahwa keputusan PTPN XI untuk membuat aplikasi “Go Tani” terinspirasi dari cara kerja Gojek. Untuk itu, Tim TI PTPN XI telah berguru kepada Gojek agar mampu mengaplikasikan sistem yang sama dalam pengembangan layanan di PTPN XI.

Layanan ini dimaksudkan untuk mempermudah petani di lingkungan PTPN XI yang berjumlah 13 ribu orang untuk mendapatkan fasilitas yang dibutuhkan seperti traktor dan pupuk. Selain itu juga untuk mempermudah pembayaran karena akan langsung disambungkan kepada pihak perbankan yang telah bekerjasama yang nantinya bisa dipotong saat DO keluar.

“Jika petani butuh pupuk misalnya, melalui aplikasi online ini mereka bisa membeli dan dikirim langsung, tanpa harus membayar pada saat itu juga. Begitu juga ketika butuh traktor dan lainnya. Meskipun hanya aplikasi dalam handphone, program ini juga dimaksudkan untuk wujudkan nawacita ketahanan pangan nasional,” kata Daniyanto saat Pembinaan Petani Mitra PKBL PTPN XI di Lumajang, Selasa (19/12/2017).

Saat ini ada empat layanan yang sudah bisa diakses, yaitu Go Traktor, Go Pupuk, UAV dan Go Bibit. Kedepan, akan dikembangkam dua layanan lagi,  yaitu Go TMA dan E Commerce. Layanan tersebut akan diujicobakan hingga Januari 2018 sambil menyempurnakan fitur dan infrastruktur yang dibutuhkan.

Kepala Urusan Teknologi Informasi (TI) PTPN XI, Evi Kuswardhani Utami menjelaskan, Go Traktor adalah layanan untuk kemudahan petani mendapatkan jasa penyewaan traktor. Go Traktor juga menawarkan kemudahan dalam hal pembayaran, yang dapat dilakukan secara langsung (cash) kepada pengelola traktor, atau dipotongkan pada DO petani (bagi petani kredit) bagi petani yang bekerja sama dengan PTPN Xl. Layanan ini juga membantu para penyedia tractor untuk menyewakan perangkatnya.

“Petani juga bisa memilih kontaktor seperti apa yang diinginkan, kecil apa besar. Karena dalam aplikasi tersebut akan muncul, traktor mana yang terdekat, besar atau yang kecil," ujar Evi.

Sedangkan Go Pupuk bertujuan untuk memberikan kemudahan para pengguna untuk melakukan pembelian pupuk. Fitur ini membantu meniembatani para penyedia pupuk (PIHC) dengan petani.

“Kami juga sudah memiliki pesawat UAV yang digunakan untuk proses pendaftaran dan survey lahan yang perangkatnya disediakan oleh PTPN XI. Pengguna fitur ini dapat mengajukan survey lahan ke PTPN Xl dengan sistem sewa untuk lahan di Jatiroto dan Asembagus. Sedangkan Go Bibit adalah layanan untuk memberikan kemudahan para pengguna untuk melakukan pembelian bibit. Fitur ini membantu menjembatani patani para penyedia bibit dengan petani,” ujarnya.kbc6

Bagikan artikel ini: