Wow! Dalam sehari, transaksi Harbolnas 2017 tembus Rp4,7 triliun

Rabu, 20 Desember 2017 | 08:36 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Perhelatan diskon akbar yang bertajuk Hari Belanja Online Nasional 2017 (Harbolnas) telah sukses digelar pada 12 Desember 2017. Dalam event tersebut sebanyak 254 e-commerce dari berbagai kategori memberikan promo serta diskon besar-besaran hingga 95%.

Director Consumer Insight, Nielsen Indonesia Rusdy Sumantri mengatakan event harbolnas 2017 mencatatkan total transaksi sebesar Rp 4,7 triliun. Jumlah tersebut naik sebesar Rp 1,4 triliun dibandingkan tahun 2016.

"Nilai total transaksi Harbolnas 2017 mencapai Rp4,7 triliun meningkat Rp1,4 triliun dibandingkan tahun 2016," ujarnya dalam acara gala dinner Harbolnas 2017 di Hotel Four Season, Jakarta, Selasa (19/12/2017).

Menurut Rusdy, total transaksi tersebut dikontribusikan masih berasal dari pulau jawa. Namun, pada event tersebut luar pulau Jawa mencatatkan pertumbuhan transaksi yang cukup tinggi yakni mencapai 82%.

"Pertumbuhan diluar Jawa naik 82% , Jawa hanya 36%. Tapi secara kontribusi Jawa masih yang paling berkontribusi," jelasnya.

Rusdy juga menambahkan, sekitar 68% konsumen di Harbolnas ada orang yang biasa belanja online. Kemudian terdapat 26% konsumen yang pertama kali belanja pada Harbolnas. "Kebanyakan pria, tapi sedikit kenaikan wanita. Dan usianya biasnya anak muda dikisaran umur 15-24 tahun," ucapnya.

Rusdy juga menyatakan aktivitas belanja pada Harbolnas 2017 terjadi pada jam-jam pagi hari dan malam hari. Yakni pada pukul 09.00 - 12.00 WIB dan 15.00-21.00 WIB.

"Berbeda dengan tahun lalu, tahun ini kan jatuhnya weeksays jadi ada sedikit perbedaan waktu belanja," ucapnya.

Selain itu, Rusdy juga menyatakan sebanyak 77% masyarakat yang berbelanja online menggunakan perangkat mobile (smartphone). Sementara sisanya memilih menggunakan PC.

"Dimana mereka berbelanja penggunaan smartphone memberikan flexibility. Kebanyakan dari rumah tapi sebenarnya di mall aja mereka selalu belanja online. Jadi dengan beralihnya dari browser," jelasnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama Ketua Panitia Harbolnas Achmad Alkatiri mengaku bersyukur jika pagelaran Harbolnas pada tahun ini bisa sukses. Dengan suksesnya acara Harbolnas pada 2017 kali ini, menurutnya cukup membuktikan jika aware masyarakat Indonesia terhadap belanja online semakin berkembang.

"Dengan senang hati kami sampaikan bahwa pada Harbolnas tahun ini semakin banyak masyarakat Indonesia yang berpartisipasi baik sebagai konsumen maupun sebagai seller. Tidak ketinggalan berbagai pihak yang menjadi bagian dari ekosistem digital juga turut merasakan euphoria ajang belanja online nasional terbesar ini," jelasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: