Terungkap! Ini perilaku terbaru orang Indonesia soal belanja online

Rabu, 20 Desember 2017 | 11:47 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Perusahaan penyedia cashback belanja online, ShopBack, memublikasikan hasil survei tren belanja online di Indonesia. Berdasarkan survei tersebut, kini publik makin jarang belanja secara offline karena banyaknya promo dan diskon saat belanja online. Survei melibatkan 1.254 responden dengan komposisi 52,1 persen wanita dan 47,9 persen pria di wilayah Medan, Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Makassar.

Saat ini, berdasarkan hasil survei itu, kepercayaan konsumen terhadap pelaku e-commerce yang semakin meningkat.

Country General Manager ShopBack Indonesia, Indra Yonathan, mengatakan, sebanyak 37,9 persen responden sudah mulai berbelanja online lebih dari 3 tahun. Sedangkan persentase konsumen yang berbelanja kurang dari 1 tahun hanya 13 persen saja.

“Dari hasil survei yang kami lakukan kepada 1.254 responden, harga dan diskon masih menjadi pertimbangan utama para konsumen saat memilih berbelanja online. Sebanyak 49,9 persen responden wanita mengungkapkan harga dan diskon menjadi hal penentu utama. Sedangkan 45,2 persen responden pria mengungkapkan hal yang sama. Hasil survei juga menunjukkan

konsumen di Indonesia akan berbelanja di e-commerce yang sama berkali-kali jika menemukan harga dan diskon yang menarik,” ungkap Indra Yonathan.

Sebanyak 56,7 persen responden mengaku mengeluarkan kurang dari Rp 250.000 saat pertama kali berbelanja online. Adapun metode pembayaran yang banyak dipilih adalah transfer ATM. Namun pembayaran menggunakan internet banking belakangan juga mulai banyak digemari.

Temuan menarik lainnya adalah banyaknya konsumen di Indonesia masih memiliki kebiasaan melihat barang yang diinginkan di toko offline terlebih dahulu, baru kemudian membelinya di situs belanja online. Sebanyak 42,2 persen responden wanita dan 40,7 persen responden pria menjawab pernah melihat barangnya langsung di toko offline dan akhirnya membelinya secara onlinekbc10

Bagikan artikel ini: