Danamon bikin pasar Tambah Rejo lebih peduli anak

Sabtu, 23 Desember 2017 | 15:09 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Pasar selain sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli, juga memiliki fungsi sosial dimana beragam masyarakat dari beragam usia berkumpul atau bersosialisasi dengan orang lain. Sayangnya, pasar-pasar rakyat atau tradisional di Tanah AIr kurang didukung fasilitas-fasilitas yang memadai, misalnya kurang ramah atau peduli terhadap anak.

Dilatar belakangi kondisi ini, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) dan anak perusahaannya Adira Finance dan Adira Insurance beserta Yayasan Danamon Peduli (Danamon Peduli) kembali mewujudkan komitmennya dalam mendukung perkembangan pasar rakyat di Tanah Air yang dikemas dalam program corporate social responsibility (CSR) bertajuk "Kegiatan Peduli Lingkungan".

Kali ini, Danamon dan Danamon Peduli melangkapi fasilitas yang ada di Pasar Tambah Rejo Surabaya.

Regional Corporate Officer Bank Danamon Kantor Wilayah Jawa Timur, Eddie Harijanto Bintoro menuturkan, pasar rakyat merupakan salah satu poros kehidupan dan tulang punggung perekonomian daerah.

"Oleh karenanya, sejak tahun 2014, kami menyelenggarakan kegiatan Peduli Lingkungan yang mendukung perbaikan lingkungan dan ketangguhan terhadap bencana kebakaran di sekitar pasar tradisional (pasar rakyat).” katanya, Sabtu (23/12/2017).

Branch Corporate Officer Bank Danamon Surabaya, Judiastono Harrysiswanto menambahkan, di pasar Tambah Rejo Surabaya, pihaknya membangun fasilitas berupa ruang laktasi, penitipan anak dan ruang bermain anak seluas 45 meter persegi yang terletak di lantai L blok G Pasar Tambah Rejo Surabaya.

"Kondisi lingkungan pasar sangat penting, khususnya kebersihan dan kenyamanan pasar sebagai faktor pertimbangan konsumen untuk belanja di pasar," tandasnya.

Judi mengatakan, pembangunan fasilitas serupa juga dilakukan di kota Malang dan Kediri.

Ketua dan Direktur Eksekutif Yayasan Danamon Peduli, Restu Pratiwi mengatakan, Kegiatan Peduli Lingkungan yang rutin dilakukan tersebut adalah komitmen Danamon Peduli sebagai mitra pembangunan pemerintah, khususnya dalam upaya mengembangkan pasar rakyat.

Bersama dengan Danamon dan anak perusahaan, kami menargetkan tercapainya perbaikan lingkungan di lebih 50 pasar rakyat setiap tahunnya, serta melibatkan ribuan relawan yang berasal dari karyawan. Kegiatan Peduli Lingkungan terus kami giatkan karena selaras dengan agenda pembangunan pemerintah – Nawacita nomor 6 dan Tujuan Pembangunan Global yang Berkelanjutan (SDG),” jelasnya.

Sepanjang tahun 2017, lanjut dia, dana yang dialokasikan oleh Danamon dan disalurkan melalui Danamon Peduli khusus untuk kegiatan peduli lingkungan di pasar rakyat adalah Rp 2,5 miliar. kbc7

Bagikan artikel ini: