Caplok Danamon, Mitsubishi siapkan dana awal Rp15,8 triliun

Kamis, 28 Desember 2017 | 08:56 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Mitsubishi UFJ Financial Group, Inc (MUFG) telah menyiapkan berbagai strategi untuk merealisasikan pengambilalihan 73,8 persen saham PT Bank Danamon Indonesia Tbk dari Temasek.

Chief Executive Officer (CEO) MUFG untuk wilayah Asia & Oceania Takayoshi Futae mengaku telah menyiapkan tiga tahapan pengambilalihan saham tersebut.

"Untuk tahap awal MUFG akan membeli 19,9 perse saham Danamon, dengan harga Rp 8.323 (US$ 0,61) per saham dan dengan jumlah investasi sebesar Rp 15,8 triliun," kata Takayoshi di Hotel Ayana Midplaza, Jakarta, Rabu (27/12/2017).

Setelah itu, MUFG berencana untuk mendapatkan persetujuan-persetujuan yang diperlukan berdasarkan peraturan perundang-undangan beserta persetujuan terkait lainnya untuk membeli tambahan 20,1 persen saham demi meningkatkan kepemilikan sahamnya di Danamon menjadi 40 persen. Tahap ini diharapkan akan diselesaikan antara triwulan kedua dan triwulan ketiga 2018.

Kemudian tahapan selanjutnya, MUFG berencana untuk mendapatkan persetujuan-persetujuan otoritas di Indonesia untuk bisa menggenapi total kepemilikan saham di Danamon menjadi 73,8 persen.

"Namun, target itu semua tergantung dari penyelesaian perizinan dari otoritas di Indonesia," tegas Takayoshi.

Futae juga menambahkan Bank Danamon merupakan suatu institusi yang dihormati di sektor perbankan lokal, dikenal dengan tim manajemennya yang berpengalaman dan kompeten, platform bisnis yang sehat dan waralaba yang menguntungkan.

"Kami bersifat suportif terhadap kepemimpinan manajemen Danamon, dan kami percaya bahwa kolaborasi kami kedepannya akan menciptakan sinergi-sinergi yang akan membiarkan kami untuk melayani nasabah-nasabah dan pemegang saham kami dengan lebih baik dan untuk meningkatkan pertumbuhan bersama," tutup dia. kbc10

Bagikan artikel ini: