Tahun baru, jangan harap ada aplikasi WhatsApp di BlackBerry dan Windows Phone

Kamis, 28 Desember 2017 | 12:01 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: WhatsApp tak akan lagi berjalan pada smartphone lawas di tahun baru. Pasalnya WhatsApp akan menghentikan dukungannya pada beberapa smartphone lawas pada 31 Desember 2017.

Keputusan ini juga sekaligus memaksa pengguna untuk meng-upgrade handset mereka jika tetap menginginkan untuk berkomunikasi menggunakan WhatsApp.

Tahun lalu WhatsApp mengumumkan akan berhenti berjalan pada berbagai model smartphone termasuk iPhone, Android dan Windows Phone. Mulai Januari 2018, WhatsApp akan berhenti pada OS BlackBerry, BlackBerry 10 dan Windows Phone 8.0 dan yang lebih lawas.

“Ini adalah keputusan yang sulit untuk kami buat, tapi yang tepat untuk memberi orang cara yang lebih baik dalam berkomunikasi dengan teman, keluarga, dan orang-orang yang dicintai menggunakan WhatsApp. Jika Anda menggunakan salah satu perangkat seluler yang terdampak, kami sarankan untuk meng-upgrade ke Android, iPhone, atau Windows Phone yang lebih baru,” kata WhatsApp. Demikian seperti dilansir News, Rabu (27/12/2017).

Dukungan untuk Nokia S40 juga akan berhenti meski tak secepat OS sebelumnya, yakni pada 31 Desember 2018. Android lawas juga perlahan akan ditinggalkan oleh WhatsApp yakni untuk versi 2.3.7 dan versi yang lebih lawas mulai 1 Februari 2020.

Dalam posting-an blog-nya WhatsApp mengatakan “Ketika kami memulai WhatsApp di 2019, pengguna perangkat seluler sangat berbeda dengan hari ini. Sekitar 70% smartphone yang dijual saat itu memiliki sistem operasi yang ditawarkan oleh BlackBerry dan Nokia. Sementara App Store baru berumur beberapa bulan,” kata WhatsAPp.

"Sistem operasi mobile yang ditawarkan oleh Google, Apple dan Microsoft - yang menyumbang 99,5 persen penjualan saat ini - berada kurang dari 25% perangkat mobile yang terjual saat itu," imbuh WhatsApp. kbc10

Bagikan artikel ini: