Tarik minat investor, startup harus bikin laporan keuangan yang baik

Jum'at, 29 Desember 2017 | 11:12 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Perusahaan perintis (startup) saat ini sedang giat mencari investor. Tujuannya untuk menjalankan bisnisnya terutama di sektor ekonomi digital.

International Contact Partner RSM Indonesia Angela Indirawati Simatupang mengimbau semua perusahaan startup harus membuat laporan keuangan yang baik. Tujuannya untuk menarik minat para penanam modal.

"Apakah pencatatannya sudah benar. Apakah mereka punya sistem untuk mencatat transaksi keuangan. Apakah mereka bisa membuat laporan dengan baik," ujar Angela di Jakarta, Kamis (27/12/2017).

Menurut Angela investor akan melihat kemampuan perusahaan start up kelola keuangannya. Hal itu akan jadi patokan sebuah pengusaha memberikan modal untuk mendapatkan keuntungan dari perusahaan startup.

"Laporan keuangan itu penting sebagai basis penghitungan prospek ke depan," ungkap Angela.

Selain itu Angela juga meminta perusahaan startup membenahi sisi non keuangan. Karena hal itu berpotensi untuk menjadi aset perusahaan.

Angela memberi contoh seperti Go-Jek, Tokopedia atau Traveloka. Pasar yang dicapai menurut Angela sudah terlihat dari total transaksi, jumlah pelanggan, dan pelanggan masuk.

"Itu semua dilihat di luar laporan keuangan," kata Angela. kbc10

Bagikan artikel ini: