Bank Mandiri siap pangkas bunga kredit hingga single digit di 2018

Rabu, 03 Januari 2018 | 12:32 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyatakan akan melanjutkan proses penurunan suku bunga tahun ini. Bahkan perseroan berharap jika suku bunga kredit bisa berada pada level single digit atau berarti di bawah 10 persen.

Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, saat ini suku bunga kredit sudah berada di bawah delapan persen. Bahkan untuk segmen konsumer sudah berada enam persen untuk fixed rate, dan suku bunga kredit usaha rakyat (KUR) sebesar tujuh persen.

"Bertahap akan turun semuanya, untuk kredit UKM juga akan turun suku bunganya, mudah-mudahan suku bunga kredit satu digit bisa tercapai," kata dia di Gedung Radius Prawiro, Kompleks Bank Indonesia (BI), Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (2/1/2018).

Sementara itu, Bank Mandiri akan membidik pembiayaan di sektor konsumer yang dinilai potensial. Namun begitu, pelemahan daya beli masih mempengaruhi pembiayaan di sektor konsumer.

"Kita menunggu pemulihan daya beli. Kita pantau angka penjualan mobil motor, demand penjualan ritel. Kita juga mulai masuk ke segmen menengah, segmen yang punya daya tahan kuat," jelas dia.

Bank Mandiri juga akan melihat kemungkinan pembiayaan di sektor komoditas. Kondisi harga komoditas yang mulai membaik membuat bank pelat merah tersebut melirik korporasi di sektor komoditas.

Saat ini total kredit korporasi di Bank Mandiri mencapai 30 persen dari keseluruhan penyaluran kredit. Sampai dengan kuartal III-2017, penyaluran kredit korporasi oleh Bank Mandiri mencapai Rp237,1 triliun. kbc10

Bagikan artikel ini: