Jokowi bakal kembali rilis paket kebijakan ekonomi, tentang apa?

Kamis, 04 Januari 2018 | 09:05 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution memberi sinyal pemerintah akan kembali mengeluarkan paket kebijakan ekonomi di 2018. Fokus utamanya adalah di sektor perindustrian.

Hal itu diungkapkan Darmin usai mengikuti Sidang Kabinet Paripurna tentang Program dan Kegiatan Tahun 2018 di Istana Negara, Rabu (3/1/2018).

"Kalaupun ada (paket kebijakan ekonomi, red), mungkin lebih banyak di perindustrian karena kita ingin perindustrian lebih tajam," ujar dia.

 

Darmin mengungkapkan, penajaman yang dimaksud yaitu penguatan dan pengembangan sektor industri secara lebih spesifik. Dengan demikian, Indonesia benar-benar memiliki sejumlah industri yang menjadi andalan ke depannya.

 

"Industri apa aja persisnya, jadi enggak terlalu global makanan dan minuman. Jadi fokus. Kita lebih merumuskan, makanan dan minuman ini apa? satu, dua, tiga. Di baja apa, satu, dua, tiga, dan seterusnya," jelas dia.

 

Dengan penajaman di bidang industri ini, kata Darmin, diharapkan akan sejalan dengan layanan kemudahan perizinan investasi yang akan mulai diterapkan pada tahun ini yaitu Single Submission.

 

?"Kita mau memasangkannya dengan single submission. Kalau perizinan dipermudah, industrinya dipertajam, kita bicara dengan perbankan, harusnya jalan," tandas dia. kbc10

Bagikan artikel ini: