Jokowi kumpulkan raja se-Indonesia, ada apa?

Kamis, 04 Januari 2018 | 23:07 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang raja se-Indonesa ke Istana Bogor. Sebanyak 88 raja dan sultan yang hadir dalam jamuan tersebut. Di antaranya; 20 berasal dari Sumatera, 17 dari Jawa, 3 dari Bali, 4 dari NTB, 5 dari NTT, 10 dari Kalimantan, 18 dari Sulawesi, sembilan dari Maluku dan dua dari Papua.

Jokowi mengatakan, dari para raja tersebut dia ingin mendapatkan masukan untuk menjalankan pemerintahan. "Saya juga ingin mendengar masalah di lapangan dan kerajaan dari raja, sultan, pangeran dan permaisuri," katanya dalam pernyataan tertulis, Kamis (4/1/2018).

Sementara itu dalam pertemuan tersebut Raja Paksi Skala Brak, Edward Syah Pernong menyampaikan permintaan agar keraton ke depan bisa masuk dalam unit kerja kepresidenan sehingga bisa memberikan kontribusi dan masukan terhadap kebijakan yang diambil pemerintah.

Usul kedua, keraton juga ingin ikut dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah sehingga bisa ikut menentukan arah pembangunan daerah keraton masing- masing.

Usul ketiga, keraton ingin pemerintah membuat undang -undang perlindungan kerajaan yang melindungi pemimpin informal seperti raja sehingga kebijakan yang diambil bisa dilandasi kebudayaan. kbc10

Bagikan artikel ini: