Rudiantara berambisi seluruh kabupaten terkoneksi 4G pada 2019

Jum'at, 05 Januari 2018 | 12:52 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menargetkan seluruh kabupaten di Indonesia bisa menikmati koneksi 4G pada 2018 mendatang.

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, koneksi 4G bisa dinikmati di seluruh kabupaten di Indonesia karena proyek Palapa Ring sudah rampung dikerjakan pada 2019 mendatang.

Adapun proyek Palapa Ring merupakan proyek pembangunan jaringan serat optik nasional yang akan menjangkau sebanyak 34 provinsi, 440 kota/kabupaten di seluruh Indonesia.

Proyek tersebut meliputi kabel laut mencapai 35.280 kilometer dan kabel di daratan sejauh 21.807 kilometer.

"Saya yang bertanggung jawab atas infrastruktur di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Tahun 2019 Palapa Ring sudah selesai, semua Kabupaten sudah bisa menikmati 4G," ujar Rudiantara di Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Kamis (4/12/2017).

Sementara itu, pada tahun 2018, Menkominfo menargetkan proyek Palapa Ring wilayah barat selesai dilakukan, kemudian menyusul wilayah tengah. "Palapa Ring infrastrukturnya pada kuartal I ini selesai. Kemudian nanti menyusul Palapa Ring Tengah," ujarnya.

Meski demikian, Rudiantara mengatakan, proyek Palapa Ring wilayah timur masih terkendala infrastuktur TIK di wilayah Papua. "Palapa Ring Timur itu masih lama karena memang di Papua itu masih banyak yang belum ada infrastruktur TIK-nya," ujarnya.

Dirinya optimistis, jika proyek Palapa Ring selsai dilakukan, koneksi internet berkecepatan tinggi bisa digunakan masyarakat. "Internet kecepatan tinggi nanti akan ada," ujar Rudiantara.

Berdasarkan data Kominfo, pada tahun ini koneksi 3G telah hadir di 60.000 desa dan 2G sudah hadir di 73.000 lebih desa di seluruh Indonesia. kbc10

Bagikan artikel ini: