Nih, peralatan dapur masa depan ala LG

Senin, 08 Januari 2018 | 13:40 WIB ET

LAS VEGAS, kabarbisnis.com: Produsen elektronik asal negeri ginseng, LG, siap mengenalkan produk perlengkapan dapur masa depan yang semakin pintar dan canggih. Pada ajang pameran elektronik terbesar sejagat, Consumer Electronics Show (CES) 2018, yang bakal dihelat di Las Vegas–Amerika Serikat 9-12 Januari 2018, LG akan memamerkan kecanggihan tiga perangkat elektronik rumah tangga terbarunya.

Ketiganya adalah kulkas LG InstaView ThinQ, jajaran microwave LG EasyClean dan pencuci piring elektrik LG QuadWash.

Presiden Home Appliance & Air Solution Company pada LG Electronics, Song Dae-hyun, mengatakan ketiga produk ini diharapkan mampu menciptakan visi penciptaan dapur pintar di masa depan. Ketiga produk ini menjanjikan kemudahan dan efisiensi untuk menciptakan waktu lebih berkualitas di rumah.

“Pemanfaatan kecerdasan buatan pada berbagai perangkat elektronik akan memangkas berbagai proses di dapur, dari penyiapan makanan hingga pembersihan menjadi solusi inovatif yang membebaskan dari kerumitan sehari-hari di dapur,” ujar Song Dae-hyun, Senin (8/1/2018).

Ia memaparkan, LG InstaView ThinQ merupakan kulkas canggih yang mengusung layar sentuh LCD berbentang 29 inci yang dapat berubah dari layar komputer menjadi jendela transparan untuk melihat langsung isi dalam kulkas. Pada kulkas ini juga dibenamkan kecerdasan buatan yang membuatnya mampu merekomendasikan berbagai resep makanan berdasarkan berbagai bahan makanan yang tersimpan di dalamnya.

Saat pengguna memilih salah satu resep, kulkas ini secara otomatis akan mengirimkan informasi ini pada oven yang terhubung dengan Alexa yang secara verbal bakal membimbing pengguna langkah demi langkah untuk memasak sesuai resep. Pengguna pun dapat memanfaatkan keterhubungan kulkas dengan berbagai penyedia layanan musik streaming seperti Amazon music dan iHeartRadio untuk menemani sesi memasak dengan berbagai lagu favorit.

Kulkas LG InstaView ThinQ ini juga menawarkan manajemen penyimpanan berbagai bahan makanan dengan lebih baik melalui keberadaan platform pintar LG webOS dan teknologi perintah suara Alexa. Keberadaan fitur Smart Tag memungkinkan pengguna untuk menambahkan informasi berupa sticker digital untuk pengingat tanggal kadaluarsa bagi masing-masing bahan makanan.

Sementara Oven LG EasyClean yang terhubung dengan aplikasi khusus, dapat mengakses informasi resep secara nirkabel dan secara otomatis memulai proses pemanasan awal pada suhu tertentu dan pada waktu yang ditentukan. Saat oven perlu dibersihkan pun, sebuah notifikasi secara otomatis akan dikirimkan pada smaerpne pengguna.

Disamping itu, oven LG EasyClean pun juga bakal mengirimkan informasi pada pencuci piring elektrik LG QuadWash untuk menetapkan pengaturan siklus pencucian optimal dari berbagai perangkat yang digunakan untuk memasak berdasarkan jenis masakan. Sebagai contoh, pencuci piring pintar ini akan menetapkan siklus pencucian dengan durasi waktu lebih panjang dan penggunaan air panas untuk bekas masakan berminyak tinggi dibanding masakan kaserol sayuran yang ringan.

Dukungan teknologi QuadWash yang terdiri dari empat lengan semprotan yang dapat bergerak ke berbagai arah memungkinkan pembersihan cepat dan cermat dari semua bentuk dan ukuran. Ditambah lagi, dalam melakukan tugasnya, oven LG EasyClean dan mesin cuci piring LG QuadWash ini dapat dimonitor melalui perintah suara dan LG CLOi Hub Bot.

“Inilah  sebuah konektivitas tanpa batas yang melekat pada dapur cerdas LG. Sebuah kecerdasan yang akan merevolusi kebiasaan memasak dan makan konsumen,” kata Song Dae-hyun lagi. kbc8

Bagikan artikel ini: